Lomba Agustusan, Ajarkan Gotong Royong dan Nasionalisme


MALANG – Kemeriahan perayaan HUT RI terlihat di SMPN 6 Malang, Senin, (14/8). Beragam lomba digelar dan diikuti warga sekolah. Ada lomba karung super, sepatu botol, tarik tambang dan pecah air. Semangat dari para siswa sudah terlihat mulai pagi sebelum acara dimulai. Semua terlihat datang ke sekolah dengan wajah gembir mengenakan mengenakan pakaian warna merah putih.
 “Deg-degan, seru, seneng pasti, karena lombanya banyak dan mesti estafet,” ujar Wulan, siswa kelas IX-5 dan Fio, siswa kelas IX-8 kompak.
Semua sangat antusias, terlihat dari semangat warga sekolah saat mengikuti kegiatan. Acara dimulai dengan pembukaan oleh kepala sekolah, dilanjutkan senam bersama yang dipimpin oleh beberapa siswa, dan penampilan kreasi grup dancer SMPN 6 Malang.
Perlombaan diawali dengan karung super. Lomba karung super terdiri dari beberapa rintangan sebelum mencapai finish. Peserta yang tiba lebih dulu, langsung makan kerupuk. Dilanjut estafet gelang karet, sampai akhirnya mencapai finish. Acara berlanjut dengan lomba tarik tambang, sepatu botol dan pecah air. Peserta lomba tidak hanya siswa saja, para guru juga ikut serta dalam lomba tersebut.
Nantinya, setiap pemenang cabang lomba akan mendapatkan hadiah. Dari tiap cabang lomba diambil juara 1,2 dan 3. Penyerahan hadiah dilakukan saat upacara memperingati HUT RI ke-72 di SMPN 6 Malang.
M. Fiqih Anas, S.Pd.I ketua panitia lomba berharap, setelah memperingati HUT RI yang ke-72 semua bisa lebih mencintai tanah air. Karena generasi sekarang hanya tinggal mengisi kemerdekaan ,tidak seperti para pejuang yang rela berjuang untuk mencapai kemerdekaan.
SMPN 6 Malang tahun ini mengusung tema “Dengan Lomba, Mengembangkan Karakter Gotong Royong dan Meningkatkan Rasa Nasionalisme”. Tujuannya untuk pendidikan karakter utamanya rasa nasionalisme dan cinta tanah air.
“Meskipun tidak ikut dalam perjuangan merebut kemerdekaan, siswa dapat mengisi kegiatan dengan hal-hal positif,” jelas Kepala SMPN 6 Risna Widyawati S.Pd.
Menurutnya, tema HUT RI ke-72 Kerja Bersama sangat pas dengan semangat kerja sama antar warga sekolah. Terutama untuk bergotong royong dalam meningkatkan prestasi di SMPN 6 Malang.
Yang paling spesial dari peringatan HUT RI kali ini adalah Budaya Gotong Royong, Nasionalisme dan Cinta Lingkungan. Alasannya karena SMPN 6 Malang sedang menuju Adiwiyata Provinsi. Dalam peringatan ini, SMPN 6 Malang tidak lepas dengan kepedulian lingkungan. Setiap siswa membawa tanaman untuk ditanam di lingkungan sekolah. “Meskipun dalam memperingati HUT RI, SMPN 6 tetap membudayakan cinta lingkungan pada siswa,” terang Risna.
Sebelumnya pada Jum’at (11/8) juga diadakan MOP (Masa Orientasi Pramuka). MOP tersebut merupakan serangkaian dalam acara memperingati HUT RI. Dalam acara tersebut juga ditanamkan karakter rasa cinta lingkungan.
Muhammad Syarif Hidayatullah S.Kom ketua panitia MOP menjelaskan tujuan dari MOP sendiri adalah untuk mengukuhkan anak menjadi pribadi yang lebih mandiri, menguatkan mental, dan lebih terampil. Kegiatan MOP juga memberikan sarana kepada siswa untuk menunjukkan bakatnya. Untuk siswa yang memiliki bakat yang kompeten akan didukung oleh sekolah untuk berprestasi. (*/sir/oci)

Berita Lainnya :

loading...