Tampil 26 Kali di Luar Negeri

17 tahun sudah, Agus Sunandar, S.Pd M.Sn, menghidupkan seni “Malang Flower Carnival” (MFC). Selama itu pula, Dosen Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM) itu terus berupaya mengembangkan seni kreativitas desain busana bunga raksasa yang diperagakan oleh model.
Agus menceritakan, bukan hal yang mudah untuk memulainya. Banyak sekali tantangan dan hambatan yang datang, terutama berkaitan dengan partisipasi warga, yang ia butuhkan saat itu.
“Awal memulai MFC semua panitia yang kebanyakan adalah mahasiswa Tata Busana UM. Mahasiswa harus banyak merelakan waktu dan tenaganya, dengan berpromosi keluar masuk sekolah dan komunitas,” ulasnya.

Ia berusaha sekuat tenaga untuk meyakinkan warga bisa ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ia melakukan edukasi dan melatih mereka yang membuat kostum dengan memanfaatkan berbagai barang bekas atau sisa pakai. Bagi dia, meyakinkan warga bukanlah hal yang mudah. Sebab memerlukan, kerja keras dan terus menerus. Sebab pikirnya, jika hanya mahasiswa saja penggeraknya, masih belum cukup.
“Lewat teknologi informasi kita kirim foto-foto desain serta portofolio MFC kepada panitia panitia festival dibeberapa penjuru dunia. Dari situlah awalnya kita mendapatkan jalan dan kesempatan untuk tampil pada event event International,” cerita dia.

Awalnya ia harus bahu membahu dengan semua tim. Dengan iuran bahkan tidak ragu menjual beberapa barang pribadi untuk membiayai keberangkatan tim pada Event Internasional.
Setelah melewati perjuangan panjang, ahirnya MFC mendapatkan kesempatan untuk tampil pada event Internasional. Pertama adalah di Moskow Rusia. Kesempatan pertama itu tidak ia sia siakan.  
“Persiapan kita lakukan dengan matang dan sebaik baiknya. Usaha dan kerja keras tim MFC ahirnya membuahkan Hasil, kita mendapatkan penghargaan The Best Perform pada festival Budaya dan Pariwisata di Moskow tersebut,” kata dia.
Sampai dengan saat ini, MFC sudah pernah tampil 26 Kali di luar negeri mulai dari negara negara Asia, Amerika, Australia, Eropa, Dan Africa. Dan dengan berbagai prestasi yang didapatnya. Kota Swedia Ini adalah kesempatan ke 26 kalinya MFC dipercaya mewakili  pemerintah Indonesia lewat kementerian Pariwisata, untuk perform dan ikut dalam kegiatan budaya Internasional. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :