Tekad Direktur Baru Polinema : Target Dua Tahun Jadi Politeknik Terbaik

MALANG - Wakil Direktur Bidang Kerja Sama Polinema Drs Awan Setiawan MMT, MM terpilih sebagai Direktur Polinema periode 2017-2021. Awan mengantongi suara terbanyak dalam penghitungan suara senat dan anggota tim Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), kemarin. Awan berhasil mengalahkan dua calon lainnya, yakni Ir. Syamsul Hadi, MT P.hd, dan Dr. Akhmad Suryadi BS, MT.
“Saya menargetkan dua tahun untuk merealisasikan visi dan misi saya dalam membangun kampus ini. Ada beberapa target yang harus saya penuhi,” kata dia.
Dua taun lagi, lanjutnya Polinema harus bisa menjadi perguruan tinggi politeknik nomor satu seluruh Indonesia.

Setelah saat ini, menduduki posisi ke 5. Awan berharap, upaya-upaya yang juga ia tergetkan rampung dua tahun mendatang itu bisa memenuhi target. Terlebih, lanjut dia, Polinema satu-satunya politeknik negeri yang sudah mandiri dan lepas dari induk awal berdiri. Ia mengaku, sudah memikirkan hal ini, sejak ia menjabat sebagai wakil direktur IV bidang kerjasama.
Upaya yang akan ia lakukan selama dua tahun, adalah penambahan jumlah prestasi mahasiswa. Menurutnya jumlah prestasi mahasiswa selama ini masih kurang.
“Saya akui memang, mahasiswa kami masih belum bisa meraih prestasi yang bisa dibilang bergengsi. Mereka sering mengikuti kompetisi, namun mereka hanya berhenti kalau tidak dilevel seleksi ya sebagai finalis saja,”  ungkap Awan.

Untuk merealisasikan hal itu, Awan ingin agar bagian kemahasiswaan membantunya untuk bekerja ekstra. Ada target yang ia patok, yakni prestasi mahasiswa meningkat paling tidak 40 persen dua tahun mendatang.
Selain itu, target penambahan jumlah guru besar juga menjadi mimpinya. Dua tahun lagi, ia menargetkan ada empat guru besar yang harus dipenuhi. Selain itu, juga adanya penambahan jurnal ilmiah terindeks internasional. Menurutnya, jumlah jurnal internsional saat ini, masih kurang dari 50 persen.
“Dua hal terkait akademik itu memang harus saya tekankan lagi. Program – program tentang guru besar dan penelitian, adalah masalah akademik yang membawa dampak besar bagi reputasi kampus,” paparnya. Awan akan melakukan pelatihan penulisan yang semakin intens. Ia juga akan melakukan dukungan untuk guru besar. “Mengingat jumlah doctor sekarang ada 58, jadi kami harus terus mendorong mereka,” tandasnya.
Target lainnya, peningkatan kerjasama dengan dunia industry. Dalam dua tahun, Awan ingin menambah, jumlah kelas industry minimal enam kelas. Untuk saat ini Polinema mempunyai dua kelas Industri. (sin/oci)

Berita Lainnya :

loading...