magista scarpe da calcio Semangat Nasionalisme dan Cinta Almamater


Semangat Nasionalisme dan Cinta Almamater

 
MALANG - Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-57 SMPN 5 Malang dan HUT Republik Indonesia ke 72 digelar dengan meriah. Kegiatan yang digelar pada (15/8) lalu ini, dibuka dengan senam dan gerak jalan. Setalah itu, dilanjutkan dengan sosialisasi gemar makan ikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan pelaksanaan aneka lomba.
Kepala SMPN 5 Malang, Drs. Burhanuddin, M.Pd mengatakan jalan sehat  diikuti oleh seluruh siswa dengan rute sekitar sekolah. Sebanyak 943 siswa bersama dengan guru mengikuti kegiatan jalan sehat dengan tertib dan kompak. 
“Kebetulan tanggal 1 Agustus lalu adalah hari ulang tahun sekolah, jadi perayaannya dibarengkan dengan HUT Kemerdekaan RI. Semuanya mengenakan kostum merah dan putih untuk meningkatkan nasionalisme. Lomba-lomba juga diadakan agar semakin semarak,” ungkapnya.
Ia pun berharap kegiatan HUT sekolah yang disatukan dengan HUT Kemerdekaan, dapat melecutkan nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan terhadap almamater. 
“Dengan cinta dan bangga pada sekolah, siswa pasti lebih giat menorehkan prestasi,” imbuhnya. 
Di hari kedua perayaan HUT SMPN 5, digelar pentas seni. Pentas ini sebagai sarana yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi. Diantaranya seperti penampilan dari tari tradisional, modern hingga balet, teater, band dan akustik, menyanyi, serta Stand Up Comedy. Acara puncak dimeriahkan oleh 2 band ska yaitu The Belos Ska dan Baby Monkey serta diakhiri oleh DJ Zano.
Dengan digelarnya pentas seni ini diharapkan para siswa dapat mengembangkan kreativitas serta bakat yang dimiliki. “Inti dari acara ini agar siswa-siswi bisa memiliki semangat nasionalisme, menumbuhkan kreativitas dan menampilkan bakat dari siswa-siswi” tutur Marindha Puji Irianti S.Pd., MM selaku Waka Kesiswaan SMPN 5 Malang.
Selain pensi, juga dilaksanakan pemilihan Duta Gemar Makan Ikan yang disupport oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang. Dalam hal ini terdapat dua siswa yang terpilih. Yakni Dalida Rachel Sandroto sebagai Duta Gemar Makan Ikan dan Gandys Nabila sebagai duta favorit. Tugas keduanya adalah mengenalkan manfaat makan ikan kepada teman-temannya. 
Kabid Perikanan dari Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan Kota Malang, Dra. Atfiah Al Zam Zami, MM, selaku coordinator kegiatan Gemar Makan Ikan mengatakan sosialisasi ini penting mengajak masyarakat kota Malang untuk meningkatkan komsumsi ikan. Pihaknya menyasar siswa karena menilai cara berfikir pada usia muda lebih cerdas saat menerima pelajaran. 
“Konsumsi makan ikan di kota Malang ini masih sangat rendah. Meskipun jumlahnya meningkat di tahun 2016 yakni 27,2 kilogram per orang per tahun dari tahun 2015 yaitu 25,5 kilogram per orang per tahun,” ujar Athfiah.
Acara makan ikan bersama dilanjutkan dengan berbagi lomba menarik khas HUT Kemerdekaan RI, seperti lomba estafet ping pong, flying ball, memasukkan pensil ke dalam botol, hingga lomba flash mob. Keseluruhanya berlangsung dalam semangat ulang tahun sekolah dan Kemerdekaan RI. (mg19/mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :