KKN 74 UMM, Abdikan Diri Melalui Penghijauan


TUREN - Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap tahunnya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KNN). Dengan tujuan pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan local, demi masyarakat yang mandiri dan berdaya saing. Hal itulah yang telah dilaksanakan kelompok KKN 74 UMM di Desa Gedog Wetan, Kecamatan Turen. Selama satu bulan, 30 anggota KNN menjalankan berbagai Program Kerja (Proker) untuk mengabdikan diri pada masyarakat.
Anggota Divisi Kesehatan Lingkungan, Mayvina Surya Mahardhika Utami, mengatakan, untuk mewujudkan kemandirian masyarakat agar memiliki daya saing. Ada berbagai program dari KKN 74 melalui empat divisi. Diantaranya, Divisi Pendidikan dan Agama, Sosial dan Budaya, Ekonomi dan Kewirasusahaan dan Divisi Lingkungan dan Kesehatan.
“Berbagain rangkaian kegiatan telah kita laksanakan hampir satu bulan ini. Salah satunya menjadi program unggulan adalah kegiatan penghijauan. Yang meruapakan program dari divisi Kesehatan dan Lingkungan. Program penghijauan sudah tersusun dalam Pemerintah Desa Gedog Wetan,” ujar Vina kepada Malang Post, kemarin.
Karena itu, kesamaan program dari KKN 74 dengan pihak Pemdes memiliki support dan sinergi dari masyarakat dalam melaksanakan penanaman bibit. Dalam pelaksanaannya penanaman pohon di 36 titik tepi Jalan Lesti wilayah RW 11 Dusun Mulyorejo, Desa Gedong Wetan menjadi pilihan dengan beberapa alasan. “Dipilih RW 11, karena jalanan dan wilayahnya yang gersang. Sebelumnya, untuk persiapan sudah melakukan satu minggu lalu dengan memilih tananam okulasi. Dengan tujuan meningkatkan mutu tanaman. Untuk penanaman, pohon yang dipilih adalah pohon yang berbuah, karena nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat,’’ paparnya.
Tidak hanya itu, KKN 74 UMM juga memiliki proker dari divisi Lingkungan dan Kesehatan diantaranya, sosialisasi kesehatan untuk anak-anak TK, SD, SMP tentang bahaya narkoba. Sedangkan sasaran pada ibu-ibu tentang sosialisasi bahaya penyakit ISPA dan penyuluhan Posyandu dilakukan secara rutin.
Untuk Divisi Pendidikan, program untuk meningkatkan kreatifitas melalui bimbel dan out bound, sedangkan Divisi Sosial Budaya adalah lomba pidato dengan bahasa jawa. Serta Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan adalah menabung di usia dini dengan sasaran SD dan pengembangan produk UKM.
Sementara itu, Humas KNN 74 UMM, Ahmad Yuslih El Fahmi berharap, dengan berbagai kegiatan yang telah terlaksana akan ada banyak manfaat yang didapatkan. Baik pengabdian dari mahasiswa dan masyarakat Desa Jedog Wetan. “Sehingga dapat terwujud kehidupan masyarakat yang lebih baik, cerdas, kreatif, sehat dan mandiri,” pungkasnya. (mg20/adv)

Berita Terkait

Berita Lainnya :