magista scarpe da calcio TKK, SDK dan SMPK Santa Maria 1 Rayakan HUT RI


TKK, SDK dan SMPK Santa Maria 1 Rayakan HUT RI


SETIAP kali agenda peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI),  TKK Santa Maria 1, SDK Santa Maria 1 dan SMPK Santa Maria 1 selalu tampak kompak. Selain menggelar upacara bendera dengan petugas gabungan tiga sekolah, juga dilaksanakan lomba yang lucu dan menarik. Semua bergembira dalam kebersamaan.

Yang paling unik adalah lomba khusus untuk para guru. Tujuannya untuk semakin mempererat hubungan ketiga lembaga, utamanya kebersamaan antar guru dapat semakin solid dan kompak.
“Meski lombanya sederhana, tapi yang kami inginkan adalah kebersamaan agar saling mengerti dan memahami satu sama lain,” ucap Whanarian Mukti Cahyo, S.Pd, guru SDK Santa Maria 1.
Ada dua jenis lomba yang digelar pada (17/8) lalu ini. Yaitu lomba memasak nasi goreng khusus guru laki-laki. Sedangkan untuk guru perempuan lomba merias wajah tanpa cermin. Suasana lomba berjalan sangat seru dan meriah. Terutama saat guru perempuan yang selesai berdandan, harus menggoda para ‘lelaki’ yang sedang memasak.
‘Godaan’ ini dilakukan agar para peserta lomba memasak, menjadi tidak fokus pada pekerjaannya. Disinilah mereka diuji kemapuan konsentrasi mereka terhadap satu pekerjaan. Lomba ini membuat suasan semakin riuh dengan gelak tawa dan tepuk tangan para penonton.
“Lucu dan seru pokoknya. Semua guru turut antusias mengikuti lomba ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan kita,” tambah Wana, sapaanya.
Sebelum acara perlombaan, seluruh siswa dan guru dari TKK Santa maria 1, SDK Santa Maria 1 dan SMPK Santa Maria 1 menggelar upacara bersama di lapangan Santa Maria 1 Unit Jalan Halmahera Malang. Upacara dilaksanakan dengan lancar dan penuh khidmat. Termasuk para Paskibra berhasil menyelesaikan tugasnya dalam mengibarkan Sang Saka Merah Putih di lapangan Santa Maria 1.
Upacara gabungan ini menggambarkan keberagaman dalam kesatuan. TK, SD dan SMP menjadi satu perkumpulan dan saling beriringan untuk mencapai kemajuan bersama. Seperti halnya Bangsa Indonesia yang terdiri dari ratusan suku dan budaya, yang tahun ini telah mencapai usia 72 tahun masa kemerdekaannya.
“Disinilah wujud nilai nasionalisme yang kami ajarkan pada anak-anak. Semua guru dan siswa berkumpul melaksanakan upacara dengan menggunakan pakaian seragam sekolah masing-masing,” terang Wana.
Dalam upacara tersebut masing-masing lembaga mendapat tugas yang berbeda. Pasukan Pengibar Bendera terdiri dari siswa-siswi SMPK Santa Maria 1. Petugas drumband yang mengiringi lagu kebangsaan adalah SDK Santa Maria 1. Sedangkan yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Theresia Ninik Utami, S.Pd selaku Kepala TKK Santa Maria 1.
“Masing-masing mendapatkan tugas dalam pelaksanaan upacara, dan semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” imbuhnya. (imm/sir/oci)

Berita Lainnya :