Sebar 800 Pot Tanaman ke Warga Tawangsari Pujon


MALANG - Pemandangan warna warni nan sejuk memenuhi lingkungan RT 17 dan 18 Desa Tawangsari Kecamatan Pujon. Program RT berseri ( Bersih, Sehat, dan Lestari ) menjadikan kawasan yang dulu tak terawat menjadi lebih indah. Program ini dicetuskan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 27 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Tergerak karena melihat lingkungan masyarakat yang tak terawat, tercetuslah ide untuk merombak lingkungan desa menjadi lebih bersih dan indah. Dengan proses pengerjaan memakan waktu hampir satu bulan lamanya, lingkungan RT 17 dan 18 kini nampak lebih indah dan bersih.
Selain memberikan sentuhan warna warni pada tembok dan gang-gang untuk menjadikan lingkungan lebih indah, dalam program RT Berseri ini, mahasiswa juga membagikan sebanyak 800 pot tanaman. Terdiri dari 300 pot tanaman produktif seperti tomat, sawi, cabai, kol serta 500 pot tanaman hias. Juga membagikan tempat sampah pada warga Rt 17 dan 18. Diharapkan dengan adanya program RT berseri ini dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. RT 17 dan 18 yang terletak di dusun Manting dicanangkan akan menjadi RT percontohan untuk yang lain. Sehingga nantinya diharapkan seluruh RT yang ada di desa Tawangsari akan semakin menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup.
    “Bisa dibilang masyarakat di sini kurang peduli dengan kebersihan lingkungannya, saya berharap dengan diperindahnya lingkungan Rt 17 dan 18  oleh adik adik KKN 27 ini dapat menggugah warga di RT lain untuk turut memperindah dan menjaga kebersihan lingkungannya,” ujar Imron, Kepala desa Tawangsari.
Berbagai macam jenis tanaman kini menghiasi sepanjang pinggiran gang. Gang yang dulu nampak kumuh dan tak terawatt, kini terlihat lebih indah dan hijau.
    Program RT berseri yang dimulai pada awal Agustus ini dibagi menjadi beberapa tahap, yakni pembersihan lingkungan, pengecatan, pelukisan, pembagian tanaman, pembagian tempat sampah dan diakhiri dengan peresmian sekaligus penutupan KKN 27 UMM 2017, (20/8/17).
“Kami berharap dengan adanya tanaman produktif dan tempat sampah yang kami bagikan dapat memberikan manfaat untuk warga desa Tawangsari, dan kami juga berharap warga bersedia untuk terus memperindah lingkungannya. Karena ketika lingkungannya sudah indah pasti warga akan selalu menjaga kebersihannya,” ujar Divani, Koordinator divisi ekonomi dan lingkungan KKN 27 UMM. (*/adv/oci)

Berita Lainnya :

loading...