Lucu, Aksi Kampanye Makan Ikan Lewat Koreografi


AULA SMPN 20 Malang (25/8), riuh ramai. Seluruh siswa dari kelas satu hingga tiga berkumpul menyanyikan lagu Gemarikan lengkap dengan koreagrafi yang baru diciptakan siswa. Gerakan tangan ke atas dan meliuk, disesuaikan dengan lirik dan irama lagu yang gembira.
“Makanlah ikan setiap hari. Lele, tuna, nila,” berikut lirik yang dinyanyikan secara kompak oleh 941 siswa SMPN 20 dalam kegiatan Gemar Makan Ikan kemarin
.
Pada lirik ‘lele’, kedua tangan diletakkan di samping kepala dengan gerakan meliuk, berlanjut untuk lirik ‘tuna’, dan yang paling heboh, siswa serentak meliukkan kedua tangan ke atas kepala pada saat mengumandangkan lirik ‘nila’. Mereka menyanyi disertai dengan gelak tawa yang tidak putus.

Kabid Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Dra. Atfiah Al Zam Zami, MM., selaku koordinator kegiatan Gemar Makan Ikan menyaksikan tingkah anak-anak dengan tersenyum.
“Memang untuk sosialisasi ini, perlu adanya inovasi agar anak-anak tidak bosan, salah satunya dengan menciptakan koreografi saat menyanyikan lagu. Dan baru di SMPN 20 ini anak-anak menyanyi dengan gerakan yang kompak,” ujarnya.

Gemar Makan Ikan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kot Malang untuk menyosialisasikan manfaat ikan dan meningkatkan jumlah konsumsi ikan di Kota Malang. Sebelumnya, kegiatan ini telah berlangsung di SMPN 5 Malang dan SMPN 16 Malang, juga kepada anak-anak TK di seluruh kecamatan, bertempat di swalayan ikan.

“Untuk tahun ini kami menargetkan 6480 siswa, dan dengan SMPN 20 ini sudah melampaui angka itu. Sasarannya memang anak-anak karena cenderung mudah untuk mengubah pola pikir mereka, memasukkan ilmu bahwa ikan itu sehat, bisa membuat cerdas dan kuat,” ujarnya.

Ke depan, konsep sosialisasi akan dibuat dalam bentuk komik ‘Aku Gemar Makan Ikan’, yang digagas oleh Atfiah. Komik setebal 36 halaman ini berisi informasi tentang ikan, tips memilih ikan yang masih segar, dilengkapi dengan resep olahan ikan bagi ibu di rumah.

Sosialisasi kemarin diperkaya dengan pemberian materi tentang manfaat ikan dari Duta Pangan dan Duta Gemar Ikan, serta pihak Dinas Pertanian. Dari SMPN 20 Malang juga menyuguhkan Tari Topeng Bapang.

Kepala SMPN 20 Malang, Drs. H. Dedy Farid . I.I M.KPd berujar kegiatan ini sudah pasti memberikan manfaat pada siswa untuk meningkatkan konsumsi makan ikan.
“Kami dari sekolah sendiri mensupport anak-anak untuk makan ikan, karena memang nilai gizinya yang tinggi. Bila selama ini siswa tidak suka makan ikan, setelah diberi tahu kandungannya yang bagus, diharapkan pelan-pelan bisa mengubahnya,” kata Dedy. (dhewi bayu larasti/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...