magista scarpe da calcio Abdul Djalil, Sosok Guru Teladan Itu Berpulang


Abdul Djalil, Sosok Guru Teladan Itu Berpulang


MALANG – Kabar duka tengah menyelimuti dunia pendidikan di Kota Malang. Kemarin, H. Abdul Djalil Zuhri, perintis Madrasah di komplek Jalan Bandung Malang wafat. Beliau wafat dalam usia 72 tahun. Sosok H Abdul Djalil, adalah sosok teladan bagi para juniornya. Ia adalah mantan Kepala MIN 1, MTs 1 dan MAN 3 Malang.
Salah satu sahabatnya, Drs. Suyanto, M.Pd , Kepala MIN 1 Malang menganggap H Abdul Djalil adalah sosok guru yang sangat patut diteladani. Ia layak disebut guru, bukan hanya secara professional, tapi juga secara harfiah.
Menurut Suyanto, Abdul Djalil pantas untuk digugu lan ditiru. “Saya mengenal beliau sejak tahun 1994, sudah 23 tahun lebih kami bergaul. Saya pribadi memiliki kesan yang sangat mendalam. Dia laksana orang tua guru yang ada di madrasah jalan Bandung. Dia adalah sosok guru sejati yang penuh dengan kreasi, berkemauan kuat, sabar dan penuh dedikasi,” kata dia.
Suyanto mengatakan, Abdul Djalil telah mendidiknya dengan nasehat keteladanan. Nasihat yang dilontarkan bukan melalui ucapan, namun juga perbuatan.
Suyanto menceritakan, hal paling berkesan yang melekat diingatannya hingga saat ini. Sebagai kepala Madrasah, Abdul Djalil selalu datang sebelum guru dan karyawan datang, dan pulang setelah semua guru dan karyawan pulang.
Selain itu, setiap pagi almarhum selalu keliling memastikan bahwa jam pelajaran di kelas harus sudah terisi dan tidak ada yang kosong. Abdul Djalil mengisi sendiri bila ada kelas yang kosong, sehingga para guru menjadi terbiasa untuk selalu tertib dan berdisiplin.
Bagi Suyanto, hal yang dilakukan almarhum bukanlah hal dibuat-buat. Itu semuanya, terlihat dari ketulusannya. “Ketika orang melakukan hal dengan tulus, itu akan terpancar. Semua bisa menilai ketulusannya. Seperti beliau,” tuturnya.
Tidak hanya guru, tapi  Abdul Djalil adalah Inspirator baginya. “Banyak ide-ide segar yang dilakukan untuk memajukan madrasah jalan Bandung. Menurutnya, H Abdul Djalil memiliki jiwa Istiqomah yang luar biasa,” ujar Suyanto.
Suyanto mengulas tentang keberhasilan dari tangan dingin Abdul Djalil, telah mengantarkan Komplek Madrasah di Jalan Bandung, dari madrasah yang tidak diminati, tidak diperhitungkan dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat kini tumbuh dan berkembang secara perlahan dan pasti menjadi madrasah pilihan masyarakat kota Malang dan di luar Kota Malang. (sin/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top