magista scarpe da calcio AKAFARMA Putra Indonesia Gelar Adu Kreasi Pangan


AKAFARMA Putra Indonesia Gelar Adu Kreasi Pangan


MALANG – Mengusung pangan lokal, Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang mengadakan gelaran bertajuk Transfoodmation 2017, dengan dua agenda besar, yakni lomba cipta kreasi dan inovasi pangan berbasis pangan lokal, serta lomba fotografi pada  Sabtu (26/8).
 Peserta kreasi pangan mendapatkan kesempatan untuk melaju ke tahap selanjutnya melalui penilaian dari presentasi. Pada hari yang sama, peserta lomba fotografi pangan dapat mengikuti lomba fotografi dengan gratis.
Ketua Pelaksana Kegiatan, Fitri Eka Lestari, mengatakan, ide, inovasi, daya kritis dan orisinalitas karya menjadi acuan penting dalam penilaian lomba kreasi pangan. Beberapa ide yang sempat ditangkap olehnya, diantaranya memanfaatkan ampas tahu menjadi wingko, dan beberapa kandungan dalam bahan pangan lokal dimanfaatkan untuk kemoterapi dan pengobatan diabetes.
"Ternyata meski mereka masih SMA, ide yang mereka punya bagus-bagus sekali. Tidak salah kalau kami mengajak anak-anak muda kritis karena mereka masih punya idealis dan punya peran besar sebagai agen perubahan," ujarnya.
Sebagai anak muda, pemikiran mereka dibutuhkan untuk mengkolaborasikan antara ilmu pangan lokal yang kerap terlupakan anak muda, dengan kebutuhan perkembangan zaman yang menjadi masa mereka. Sehingga diharapkan, produk yang tercipta tak hanya kaya manfaat, namun memiliki nilai kekinian. Makanan lokal yang sejauh ini minim peminat juga diangkat dalam bidikan kameramen, sehingga menghasilkan gambar yang cantik.
Alfok Iskandar Wikardo, seorang fotografer handal dihadirkan untuk mengisi materi. "Sekarang ini kan zamannya sosial media, banyak anak muda yang gemar fotografi dan mengunggahnya ke sosial media. Itulah yang kami manfaatnya untuk meningkatkan daya keinginan masyarakat pada makanan melalui foto," sambung Fitri.
Bertemakan Innovative Food for a Better Future, gelaran ini untuk menghadirkan pangan inovatif dengan metode yang inovatif pula, yakni melalui siswa.
Pengurus Yayasan PIM Ketua 1 Bidang Pendidikan AKAFARMA, Dr. Sentot Joko Raharjo, M.Si mengatakan, gelaran ini untuk memancing potensi yang dimiliki siswa dalam bidang yang akan digeber AKAFARMA. Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki misi menghadirkan lulusan handal, pihaknya melihat pangan fungsional dan farmasi bahan alam sebuah kompetisi unggulan.
“Sekarang ini sedang banyak bermunculan penyakit degenerative, juga kecenderungan orang untuk menyukai kuliner sangat tinggi, sehingga kenapa tidak kami arahkan saja pada pangan fungsional?” jelasnya.
Dengan gelaran lomba yang diikuti siswa SMA sederajat di provinsi Jawa Timur, diharapkan lebih banyak mengenalkan kompetensi pangan fungsional, dan juga AKAFARMA sendiri sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan kepedulian tinggi pada bahan pangan lokal. (ras/sir/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang