Rayakan HUT Sekolah dan RI, SDN Tanjungrejo 2 Banjir Apresiasi

 
MALANG – Ingin membuat gebrakan baru, tahun ini perayaan HUT Kemerdekaan RI ke dan HUT ke-57 SDN Tanjungrejo 2 dilaksanakan dengan megah dan meriah. Tak hanya siswa dan orang tua, warga sekitar sekolah hingga alumni turut andil dalam kecerian yang terlihat, Sabtu (26/8) lalu.
Kepala SDN Tanjungrejo 2 Saleh Rifadi, S.PD., M.Pd mengungkapkan, selama ini belum ada greget dalam perayaan HUT RI dan HUT Sekolah. Melihat animo masyarakat sekolah, pihaknya berinisitif membuat acara yang dapat memasukkan semua partisipasi dari berbagai pihak. Acara dirangkai dalam berbagai gelar lomba khas Agustusan, diantaranya lomba meletuskan balon, memasukkan paku ke dalam botol, bakiak berpasangan, dan lomba yang menyedot keseruan lainnya.
“Pesertanya membludak karena siapa saja boleh ikut dan tidak perlu diwakilkan per kelas. Setiap kepala, itu pasti punya keinginan yang berbeda. Mereka ingin ikut lomba apa saja, silakan. Tidak kami batasi,” tuturnya.
Saking banyaknya peserta, lomba tak selesai dalam satu hari saja. Namun pembelajaran di kelas masih tetap berlangsung. Untuk mewarnai kegiatan, beberapa pihak industry juga dilibatkan. Diantaranya, kegiatan makan buah bersama dengan Superindo. Selain untuk mengenalkan buah lokal, juga menjadi ajang belajar belanja mandiri untuk siswa.
Puncak acara pada Sabtu lalu, diawali dengan jalan sehat oleh 491 siswa dengan orang tua melalui rute tak jauh dari sekolah. Dresscode merah putih yang dikenakan, membuat suasana kemerdekaan makin kental. Di panggung yang berdiri dengan megah, siswa menampilkan kegiatan ekstrakurikuler meliputi tarian, karate, dan banjari. Yang menarik, alumni SDN Tanjungrejo 2 yang telah lulus tiga hingga empat tahun yang lalu, juga turut andil mengisi acara.
“Kami memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan gelaran ini, dan ternyata alumni di sini responnya sangat positif. Mereka menyempatkan waktu untuk hadir dan mengisi acara,” sambungnya.
Peran orang tua siswa yang aktif di sekolah ini, ditunjukkan melalui keikutsertaan mereka menjadi panitia acara, juga mengisi stand bazar untuk kemudian dilombakan. Kemeriahan acara ditambah dengan hadirnya ratusan doorprize dari alumni, orang tua, juga dari kepala sekolah sendiri.
Diceritakan Saleh, seorang guru purna tugas yang juga turut diundang mengaku terharu atas perayaan meriah yang dihelat sekolah.
“Beliau mengatakan selam 32 tahun mengajar, belum pernah ada perayaan seperti ini. Selain megah, juga merangkul semua elemen pendidikan di sekolah,” sambungnya.
Momen ulang tahun sekolah, ulang tahun kemerdekaan yang juga bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-49 dimaknai oleh Saleh untuk menguatkan kembali visi misi yang diemban sekolah.
“Dengan tema ‘Bersama Kita Bisa’, sangat sesuai dengan bagimana masyarakat ikut terlibat dalam agenda membawa pendidikan di SDN Tanjungrejo 2 ini menjadi semakin baik. Kami mencoba untuk membuat perubahan yang nyata di sekolah, sehingga mereka bergerak aktif untuk ikut meramaikan,” tuturnya. (ras/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :