Bangun Semangat Berhaji Sejak Dini

 
MALANG - PAUD Islam Anak Negeri yang berada di Perumahan Karang Ploso View Blok M-7 Ngenep, Karang Ploso, menggelar acara manasik haji. Kegiatan yang dilaksanakan Pada hari Minggu (27/8) ini, diikuti oleh 150 peserta dari PAUD Islam Anak Negeri, TPQ Nurul Iman, TPQ Perum Bumi Perkasa Regency, dan TPQ Griya Permata Alam.
Kegiatan manasik haji kali ini merupakan pertama kalinya yang digelar oleh PAUD Islam Anak Negeri. Acara ini terselenggara atas kerja sama dari Yayasan Syiar Negeri Akhirat, PAUD Islam Anak Negeri, dan TPQ Nurul Iman.
Tema yang diusung yaitu ‘melalui manasik haji kita bentuk generasi muslim yang berkarakter dalam naungan Iman’. 
Kepala PAUD Islam Anak Negeri Darul Choiriyah, S. Pd mengatakan, dengan tema tersebut para siswa diajarkan bahwa semua hal yang dilakukan dalam hidup harus berlandaskan iman. 
“Kami berharap supaya anak-anak selalu dibentengi oleh iman dalam setiap perbuatannya. Sehingga mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi merupakan kuasa Allah SWT,” katanya.
Sedangkan judul yang dipilih dalam kegiatan ini adalah ‘Manasik Haji, membangun semangat berhaji sejak usia dini’. Darul menjelaskan judul tersebut juga menjadi sebuah pembelajaran yang mengenalkan kepada peserta didik bahwa setiap muslim diperintahkan untuk berhaji. Sehingga mulai sejak dini sudah tertanam mimpi dan cita-cita untuk melakukan ibadah haji di masa yang akan datang. "Semangat itu kami tanamkan mulai masa kanak-kanak," imbuhnya.
Acara yang digelar mulai pukul 07.00 hingga 09.30 WIB ini diadakan di Masjid Al-Fath, tidak jauh dari lokasi PAUD Islam Anak Negeri. Seluruh peserta mengikuti agenda manasik dengan antusias. Hal ini terlihat dari sembangat mereka dalam melaksanakan tahap demi tahap rangkaian ibadah haji dengan penuh semangat. Wali murid pun turut berpartisipasi dengan cara membantu mengatur persiapan dan kebutuhan dari kegiatan tersebut.
Di PAUD Islam Anak Negeri sendiri materi ibadah haji mulai diajarkan sejak seminggu sebelumnya. Ini sebagai tahap pengenalan kepada siswa sebelum melaksanakan latihan manasik haji. Mereka diajarkan mengenai istilah hingga tata cara dalam ibadah haji. 
Bentuk pengenalan yang dilakukan yaitu dengan simulasi melalui video, cerita dan juga lagu yang berkaitan dengan ibadah haji. Selain itu juga dilakukan demonstrasi supaya anak-anak bisa memahami dengan jelas mengenai tata cara berhaji. 
Darul menerangkan, karakter yang ingin dibentuk melalui kegiatan ini yaitu agar anak-anak dapat menaati perintah Allah, meneladani kisah para nabi dan Rasulullah. 
"Jadi tujuan lain diadakan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi anak-anak mengenai ibadah haji, serta meneladani kisah dari Nabi Ibrahim dan pejuang Islam," terangnya. (imm/mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...