magista scarpe da calcio SDK Santa Maria 1 Gelar Perkemahan Penggalang


SDK Santa Maria 1 Gelar Perkemahan Penggalang

 
MALANG – Pekan lalu, siswa-siswi Kelas 6 SDK Santa Maria 1 mengikuti kegiatan kemah. Bertempat di Dusun Sahabat Alam Karangploso Kabupaten Malang, sebanyak 65 siswa ikut dalam kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut. Kemah kali ini merupakan kegiatan puncak dari program kepramukaan yang selama ini dibina oleh SDK Santa Maria 1 dan menjadi ajang untuk menguji kemahiran siswa di tingkat penggalang.
Ketua pelaksana Diana Novi Megasari mengatakan, sejak menginjak kelas 3, siswa sudah dibina di tingkat siaga. Materi-materi Dasar Kepramukaan mulai diajarkan. Hingga menginjak kelas 5, mereka naik ke tingat penggalang. Kini di kelas 6, mereka akan diuji seberapa jauh kemampuan memahami materi kepramukaan, sekaligus kualitasnya di bidang skill dan kreativitas. 
“Materi ujian kami berikan pada hari kedua dengan materi yang sudah kami ajarkan selama di kelas 4 dan 5,” katanya.
Mega, sapaan akrabnya, menjelaskan ujian kepramukaan perlu diberikan mengingat pramuka saat ini sudah menjadi program wajib. Selain itu, terdapat banyak pembelajaran yang bisa didapat dalam pramuka. Utamanya pendidikan karakter yang kini sedang digalakkan Kementerian Pendidikan. “Pramuka itu mengajarkan anak disiplin, berani dan bertanggungjawab,” ucapnya. 
Maka di kegiatan kemah kali ini, lanjut Mega, menjadi ajang evaluasi bagi pembina sejauh mana para peserta memahami dan menguasai nilai-nilai karakter tersebut. 
“Yang paling nampak dalam kemah itu adalah sikap kemandirian dari siswa. Karena mereka tidak bersama orangtua, yang biasanya setiap hari mendampingi,” tambahnya.
Salah satu peserta kemah, Caecilia Devina Putri mengaku senang dengan adanya kegiatan kemah. Ini menjadi pengalaman pertama baginya hidup mandiri dan belajar bertanggungjawab. 
“Ya harus berani karena di sana semuanya dilakukan sendiri dan harus mandiri,” ucapnya.
Hal senada dikatakan peserta lainnya, Theo Andra Pratama. Ia mengatakan, kegiatan kemah menjadi sebuah penyegaran setelah selama ini belajar dan berlatih di sekolah. 
“Tempatnya menyenangkan. Kemah ini mengajarkan kami bagaimana bersosialisasi dengan orang lain,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala SDK Santa Maria 1 Sr. Aquila, SPM mengatakan, pramuka merupakan kegiatan yang mengajarkan nilai-nilai luhur. Diantaranya mendidik anak menjadi pribadi yang disiplin dan berani. 
“Melalui kegiatan ini kami ingin mencetak generasi calon pemimpin di masa yang akan datang,” ucapnya. 
Ajaran pramuka, lanjut Aquila, sangat cocok diajarkan sejak dini dan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai luhur yang tertera dalam Dasa Dharma menjadi acuan pendidikan karakter yang ditumbuhkan melalui kegiatan pramuka.“Karena pemimpin itu harus tangguh dan kuat. Tangguh dari segi emosi dan juga intelektual,” kata dia.
Tidak hanya itu, menurutnya pramuka juga mengajarkan bagaimana manusia hidup dengan hati yang bersih dan memiliki rasa dan sikap kasih sayang kepada sesama. 
“Selain itu, potensi di bidang kreativitas juga ditumbuh kembangkan. Karena pramuka selain memiliki kesucian hati juga terampil dan kreatif,” tukasnya. (imm/sir/oci)   

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top