Pesan Guru Les Tersedia di Aplikasi Online

 
MALANG - Sekarang ini, bukan hanya makanan atau pengemudi ojek saja yang bisa dipesan secara online, namun siswa juga dapat memesan guru bimbingan belajar secara online untuk privat di tempat dan waktu yang telah ditentukan. 
Fammy Azmy Arrofi , alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang membuat membuat suatu aplikasi yang memungkinkan siswa untuk memesan guru privat secara online.
Aplikasi tersebut dinamai GULING, Guru Keliling, dan diluncurkan di Best Western OJH Hotel, kemarin (30/7). Sekarang ini, telah ada 50 orang guru privat yang siap mengajar siswa SD, SMP, SMA hingga SMK yang bergabung sebagai guru GULING. Setiap pengajar memiliki spesifikasi dalam mata pelajaran tertentu.
“Dilatar belakangi dengan pemikiran bahwa pendidikan sebagai salah satu kebutuhan pokok dan pemenuhannya harus terus berkembang agar luas, cepat dan merata. Dengan aplikasi ini, siswa dapat memesan guru privat secara online. Juga guru dapat mengajar dalam waktu yang lebih fleksibel, tidak terpatok pada jam mengajar tertentu,” terangnya.
Sebelum terseleksi menjadi 50 orang guru, sebelumnya terdapat 150 guru pendaftar yang berasal dari guru PNS, mahasiswa, hingga dosen. Mereka harus memiliki profil sebagai pengajar dengan spesifikasi di mata pelajaran tertentu.
Sedangkan untuk mahasiswa, dipatok minimal bagi mereka yang berada di semester lima. Dalam satu sesi pembelajaran yang terdiri dari 90 menit, tarif yang dikenakan untuk siswa yakni Rp. 35 ribu untuk SD, Rp. 45 ribu SMP, dan Rp. 55 ribu bagi siswa SMA/SMK yang harus dibayar siswa secara cash setelah pembelajaran. 
Salah satu guru yang bergabung di GULING, Muhammad Fariz mengatakan dengan GULING ini, dia dapat mengatur waktu lebih fleksibel. 
”Dulu pernah jadi guru les dan waktu benar-benar terbatas. Namun dengan GULING ini, bisa lebih fleksibel karena kalau kita ingin menerima orderan, kita bisa meng-online kan, sedangkan bila sedang tidak bisa mengajar, tinggal membuat status offline yang berarti orderan tidak bisa masuk,” ujar guru mata pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ini. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :