Tenaga Medis Harus Utamakan Etika


MALANG – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Polkesma) mewisuda 600 mahasiswa dari program diploma, dan sarjana terapan kesehatan. Prosesi wisuda gelombang I ini dilakukan di The Singhasari Resort, kemarin (30/8). Wisudawan dan wisudawati juga melakukan sumpah profesi. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr Kohar Hari Santoso.
Dalam sambutannya, Kohar menyampaikan agar gelar sebagai tenaga medis ini nanti bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Ia meminta kepada para wisudawan dan wisudawati, agar bisa mengemban  tanggung jawab menjadi lulusan yang mematuhi etika profesi dan selalu bisa menjaga mutu keprofesian.
“Jalankan profesi dengan ambisi, namun ambisi yang berattitude. Kalian nantilah yang akan jalankan profesi dengan menjalankan etika,  ambisi dan attitude yang bagus,” pesan dia.
Ia mengingatkan, jika mengemban berprofesi yang memerlukan interaksi dengan manusia tanpa attitude akan merugikan banyak orang. Terlebih, lanjut dia, pasar kerja di Indonesia sudah terbuka lebar. Namun seiring dengan itu, tantangan juga semakin besar. Khususnya, ia menyontohkan, bagi tenaga keperawatan harus mempunyai skill lebih. Sebab, era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengancam tenaga medis di Indonesia.
“Dari data kami, sekarang sudah banyak perawat-perawat dari negara lain yang ke Indonesia. Tuntutan lebih bagi dunia keperawatan saat ini,” terangnya.
Sementara itu, Direktur Polkesma Budi Susatia,S.Kp.,M.Kes berpesan kepada wisudawan agar nanti ketika bekerja di masyarakat bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Profesi yang diemban lulusannya ini, akan menjadi profesi pengabdian.
“Profesi pengabdian tidak bisa main-main. Kalian harus bisa melakukannya dengan sungguh dan totalitas,” kata dia.
Ia berharap, ilmu dan skill profesi yang telah dipelajari selama di kampus ini bermanfaat bagi msayarakat dalam dunia kesehatan.
Dalam kesempatan itu, Budi juga menyampaikan sejumlah prestasi yang berhasil diraih kampus yang dipimpinnya. Budi menyebutkan, adanya beberapa dosen dan mahasiswa yang belajar di luar negeri.
Tahun ini, Potekkes akan mewisuda 1200 mahasiswa, yang dibagi wisuda gelombang pertama 600 orang dan gelombang kedua 600 orang. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :