Andalkan Budaya Sekolah Berbasis Lingkungan

 
MALANG – Predikat sekolah Adiwiyata ternyata tak hanya disandangkan bagi sekolah dengan taman yang luas atau sekolah dengan banyak tanaman. Nyatanya, meski hanya memiliki sedikit taman, SMAN 4 Malang masuk dalam kandidat sekolah Adiwiyata Nasional tahun ini.
Waka Humas SMAN 4 Malang, Dony Andri Setiawan, M.Pd mengatakan, SMAN 4 Malang memiliki luas 4.454 meter persegi dan dapat dikatakan sebagai sekolah dengan luas area yang kecil dibandingkan dengan sekolah lain. Namun kondisi tersebut tak menghalangi SMAN 4 Malang untuk ikut serta dalam ajang sekolah Adiwiyata.
“Dengan area sekolah yang tidak besar, banyak orang mengira akan sangat terbatas untuk keadiwiyataan. Kami ingin merubah mindset orang, karena nyatanya faktor habitat yang ada di dalam sekolah dan budaya berbasis lingkungan juga memegang peran penting,” ujarnya.
Budaya berbasis lingkungan yang diterapkan di SMAN 4 Malang, meliputi kesadaran warga sekolah akan pentingnya kebersihan serta pemikiran dan langkah konkrit dalam upaya menjaga lingkungan. Peduli kebersihan, kebiasaan senyum salam dan sapa juga digalakan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.  Kantin sekolah, juga dikondisikan sebagai kantin sehat.
“Untuk kantin sekolah, kami menargetkan bulan ini tidak ada lagi makanan yang dijual dalam kemasan plastik. Makanan pun juga harus makan sehat,” sambungnya.
Selain itu, di beberapa titik terdapat keran air untuk cuci tangan siswa. Sekolah juga menyediakan zona air siap minum yang dapat diisikan dalam botol air minum siswa. Sehingga juga dapat menekan penggunaan botol plastik kemasan air minum. Sekolah memiliki ketercukupan jumlah toilet yang selalu dikondisikan dalam keadaan bersih.
Baru-baru ini, bangunan sekolah dicat dengan warna hijau muda, menambah kesan sejuk dan asri lingkungan sekolah. Setiap hari Sabtu di jam pertama pelajaran, semua warga sekolah melakukan giat bersih lingkungan, berupa taman dan ruang pembelajaran. Meskipun menerapkan moving clas, namun setiap kelas memiliki tugas untuk membersihkan suatu ruangan tertentu. (ras/van)  

Berita Terkait

Berita Lainnya :