Siswa SDI Sabilillah Diajarkan Cara Sembelih Hewan Kurban


MALANG - SD Islam Sabilillah menghadirkan pembelajaran nyata dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, Sabtu, (2/9/17). Sejak awal penyembelihan hewan kurban hingga distribusi ke masyarakat, siswa mendapat banyak pengalaman baru. Seperti ketika sesi materi simulasi menyembelih kambing yang diberikan kepada siswa kelas VI. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) H. Masykur mencontohkan bagaimana memotong hewan sesuai dengan syariat Islam.
“Sebelum disembelih, kambing harus ditutup matanya menggunakan telinga kambing tersebut. Tujuannya agar kambing tidak pusing dan tidak tahu bahwa akan disembelih,” ungkapnya.
Ia menegaskan, sebelum proses tersebut, harus membaca basmallah sambil dibisikkan di telinga kambing sebanyak tiga kali. Ketika merobohkan, kaki kambing harus disatukan dan dielus badan dan lehernya. Dengan perlakuan tersebut, ternyata hewan tidak stress dan pemotongan bisa dilakukan dengan lancar.
“Anak-anak sangat antusias ketika simulasi dilakukan, meski tidak benar-benar memegang kambing hidup karena simulasi hanya menggunakan kepala kambing yang sudah dipotong,” urainya.
Tuntunan syariat Islam ini, lanjutnya, dibekalkan kepada siswa sebagai wujud pembinaan karakter cinta makhluk lain. Bagaimanapun, hewan juga bisa merasakan stress dan ketakutan ketika akan disembelih.
Kegiatan lainnya yang digelar adalah distribusi daging kurban kepada warga. SDI Sabilillah mengajak siswa setiap jenjang untuk mengunjungi tempat yang berbeda. Siswa kelas satu ke Jalan Setaman Kota Malang, kelas dua ke Wendit, kelas tiga ke Singosari, kelas empat dan lima ke Blimbing. Sedikitnya 500 bungkus daging disebar dalam kegiatan ini.
“Sekolah sengaja mengagendakan penyebaran daging ke masyarakat langsung, supaya siswa memiliki sikap cinta sesama dan peduli kepada yang membutuhkan,” urainya.
Tahun ini, SDI Sabilillah mengusung tema “Dengan Semangat Manasik Haji dan Idul Qurban, Kita Tingkatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Kepekaan Sosial Terhadap Sesama”.
Sebanyak enam sapi dan 45 kambing berhasil dihimpun dari orangtua dan siswa SDI Sabilillah.
Menurut Ketua Panitia Idul Kurban, Miftakhul Inayah, hewan kurban tersebut diantaranya berhasil dibeli dengan amal siswa. Terkumpul uang Rp 80.266.100 yang kemudian digunakan untuk membeli sapi dan kambing. Selain itu, ada juga orang tua yang berkurban sapi dan kambing sendiri dan dititipkan di sekolah.
Dijelaskan, siswa di tiap jenjang mengikuti kegiatan berbeda pada Sabtu lalu. Sebelum penyaluran ke masyarakat, siswa diajak belajar dengan tema Idul Adha sesuai jenjangnya. Kelas satu ada pembelajaran Kolase, kelas dua pembelajaran melengkapi gambar, kelas tiga  pembelajaran mendeskripsikan hewan kurban dan membuat kartu ucapan, kelas empat mengikuti Talk Show hewan kurban tentang hewan sehat dari Dinas Peternakan, kelas lima pembelajaran anatomi hewan dan kelas enam pembelajaran hewan kurban sesuai syariat Islam. (oci/sir/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...