Kenalkan Minuman Herbal Serba

 
MALANG - Dosen Universitas Widyagama Malang (UWG) membuat kreasi minuman herba dari tumbuhan yang banyak terdapat di lingkungan. Namanya SABA, minuman sehat berbahan alami.
Produk ini diperkenalkan dosen Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi yang juga Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widyagama Malang, Adalah Ir.  Elik Murni Ningtias Ningsih, MPd. Bersama rekannya Ir. Sudiyono, MP, Elik mengajak masyarakat Desa Bumiayu Kecamatan Kedungkandang, yang diwakili oleh Kelompok Usaha "Widya Aktiva" membuat kreasi minuman herba, dari bahan-bahan tumbuhan seperti daun serai,  kayu secang,  bunga cengkeh dan lain-lain.
“Minuman yang dibuat sudah memenuhi standar kesehatan,  bahannya dari herbal yang kemudian diberi nama Saba atau Sari Herba,” ujarnya. 
Sebagaimana jargon Kampus Inovasi,  sesuatu yang baru terus digulirkan oleh civitas akademika universitas yang terletak di Jalan Borobudur ini. Inovasi ini tidak saja bermanfaat bagi masyarakat,  produsen maupun konsumen,  tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian kampus ini kepada masyarakat. 
Disamping bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok industri rumah tangga, diharapkan Saba juga menjadi salah satu upaya memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat dalam rangka diversifikasi konsumsi pangan. 
Kegiatan ini diharapkan dapat terus ditekuni oleh Kelompok Widya Aktiva sebagai mitra. Harapan lain adalah Widya Aktiva kemudian menularkan ilmu ini kepada masyarakat sekitar, tentunya dengan modifikasi-modifikasi yang lebih luas dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan berlimpah di nusantara ini. 
Disamping mendapatkan tambahan keterampilan membuat minuman yang berkhasiat melancarkan peredaran darah dan menghangatkan badan, masyarakat juga mendapatkan pencerahan tentang manajemen usaha dan bantuan beberapa alat produksi agar ke depan,  sistem dan proses produksi dapat dilakukan dengan lebih efisien. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :