Skripsi Mahasiswa ITN Berpotensi Tembus Jurnal


MALANG - Tugas Akhir mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sangat potensial untuk publikasi di jurnal.  Karena memenuhi syarat-syarat artikel ilmiah yaitu orisinil, mengandung kebaruan, mempunyai manfaat dan formatnya sudah sesuai.
Hal tersebut terungkap dalam agenda workshop sehari Teknik PWK ITN Malang mengadakan dengan pemateri internal ITN yaitu Dr. Eng. Aryuanto Soetedjo, ST.MT, Selasa, (5/9/17). Workshop dibuka Ketua Prodi PWK Ida Soewarni ST.MT, dihadiri salah seorang dosen PWK Ardiyanto Maximilianus, ST.M.Si,  Humas ITN Elizabeth Catur Yulia, SH dan 49 mahasiswa yang sudah lulus  Skripsi.
Dalam kesempatan tersebut, Aryuanto  membedah abstrac skripsi mahasiswa PWK dengan aplikasi plagiat checker ternyata hasilnya “no detect plagiat”dan dilanjutkan berdialog secara interaktif. Dalam kesimpulannya disampaikan bahwa Tugas Akhir mahasiswa Teknik PWK sangat potensial untuk publikasi di jurnal.  
“Karena memenuhi syarat-syarat Artikel Ilmiah yaitu orisinil, mengandung kebaruan, mempunyai manfaat dan formatnya sudah sesuai,” bebernya.
Ia memaparkan, di Indonesia budaya menulis masih rendah dibanding negara lain.  Kebanyakan di Indonesia masih memakai budaya lisan.  Sehingga jumlah artikel Ilmiah di jurnal yang terpublikasi jumlahnya kalah dengan negara lain. Ada 4 syarat Artikel ilmiah di Jurnal yaitu, Originality (keaslian) Novelty (kebaruan), Manfaat  dan Format style (sesuai jurnal yang dituju). Untuk melihat keaslian suatu artikel  bisa menggunakan aplikasi yg tersedia gratis di Internet antara lain plagiat checker, plagscan dll.  Sedang untuk menciptakan kebaruan/novelty, penulis artikel ilmiah harus banyak  membaca dari berbagai sumber, menggali inspirasi dari alam sekitar/kehidupan, sharing dengan teman sejawat dan semua komponen ini perlu konsentrasi dan bisa terwujud apabila suasana kondusif.
Ketua Prodi PWK Ida Soewarni, ST.MT menyampaikan, workshop ini dilakukan untuk merespon kebijakan Rektor ITN Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT tentang Penetapan Mahasiswa wajib mempublikasikan karya ilmiah (Tesis, Skripsi dan Tugas Akhir).  (oci)

Berita Lainnya :