SMA Islam Malang, Latih Siswa Gemar Berbagi dan Peduli Sesama


IDUL Kurban menjadi momen penting bagi sekolah untuk mengajarkan karakter peduli dan berbagi kepada sesama. Mereka yang mampu diajak untuk ikhlas berkurban dan memberi. Di momen ini pula, SMA Islam Malang memanfaatkan agenda istimewa bulan Dzulhijjah 1438 Hijriyah untuk mewujudkan generasi yang bertakwa serta memiliki kepedulian terhadap sesama.
Tepat pada perayaan Idul Adha yang jatuh pada (1/9) lalu, seluruh warga SMA Islam melaksanakan salat Ied di sekolah secara bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada warga, khususnya di Jalan Kartini dan sekitarnya.
"Salat Ied kita laksanakan bersama di sekolah, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Dari dua kegiatan ini, kami berharap nilai ketakwaan siswa semakin bagus, disertai nilai sosial dengan cara berbagi kepada sesama," ucap Hermanto, S.Pd, Ketua Pelaksana.
Pelaksanaan salat Ied di sekolah bertujuan memperkuat kebersamaan antar siswa dan guru. Apalagi di momen Hari Raya yang hampir setiap muslim sedang bergembira.
"Yang kami inginkan adalah pembelajarannya buat anak-anak. Jika digelar di sekolah, kami para guru bisa memantau dan mendampingi. Termasuk melatih siswa bagaimana caranya menyembelih hewan dengan benar," kata dia.
Sekitar pukul 13.00 WIB, daging kurban sudah siap dibagikan. Para siswa yang terlibat dalam kepanitiaan melaksanakan tugasnya untuk membagikan daging kepada warga yang mulai berdatangan. Setiap warga membawa kupon yang telah diberikan panitia sehari sebelumnya.
Lebih dari 200 lembar kupon yang dibagikan kepada warga. Tahun ini, SMA Islam menyembelih empat ekor sapi dan lima ekor kambing. Semuanya merupakan hewan kurban dari guru dan siswa.
Perasaan gembira dirasakan siswa dengan adanya peringatan Idul kurban. Seperti yang dikatakan Nadia, salah satu siswa SMA Islam. Ia merasa senang dapat berbagi kepada sesama dan bisa merayakan Idul Adha bersama teman-temannya di sekolah.
"Bahkan kami berkumpul sehari sebelum hari raya. Kami siapkan segala sesuatunya untuk kegiatan salat Ied dan penyembelihan, serta malamnya melaksanakan takbiran bersama-sama," ucap siswi kelas XII yang juga Finalis Putri Kartini Malang Post tahun 2017 ini. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...