Sembelih Hewan Kurban di Kampung Topeng Tlogowaru



MALANG - MTs Khadijah Kota Malang merayakan Idul Adha tahun ini bersama warga Desa Baran Kampung Topeng Kelurahan Tlogowaru, Kedungkandang. Pada Sabtu, (2/9/17), sebanyak dua ekor lembu dan empat ekor kambing disembelih di sana. Hewan kurban tersebut dihimpun dari guru, siswa dan wali murid MTS Khadijah. Satu ekor lembu adalah kurban dari guru-guru dan wali murid. Satu ekor lembu lainnya dari hasil iuran siswa-siswi MTs Khadijah. Empat ekor kambing adalah kurban dari wali murid.
Drs. Dono Rosyidin, ketua pelaksana kurban menjelaskan, meskipun kurban menjadi hal yang tiap tahun dilakukan MTs Khadijah, Kali ini dibuat berbeda dengan langsung terjun ke masyarakat. Tujuannya agar siswa dapat terjun langsung dan membaur dengan masyarakat.
“Yang terpenting adalah pembelajarannya untuk anak didik kami, jadi tidak hanya silaturahmi saja. Sholeh tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga pada orang lain,” ujarnya.
Tujuan dari kegiatan tersebut, lanjutnya, untuk menjalin silaturahmi, merealisasikan visi dan misi sekolah, serta memberikan pelajaran kepada siswa untuk pembentukan karakter saleh individual dan saleh secara sosial.
Kegiatan tersebut melibatkan semua guru sebagai panitia kurban, 12 siswa dari anggota OSIS, dan 17 orang dari kampung topeng.
Acara diawali dengan sambutan kepala MTS Khadijah, Pemerintah Kota Malang, dan dari Dinas Sosial Kota Malang. Setelah itu dilanjut dengan tausyiah yang disampaikan perwakilan MTs Khadijah.
Pembagian daging kurban berlangsung di halaman masjid Desa Baran dan di depan MI Roudhotus Solikhin. Hasil dari daging kurban kurang lebih sebanyak 440 Kg. Daging kurban tersebut dibagikan kepada 157 orang warga Desa Baran, 116 siswa MTS Khadijah yang telah dipilih, 17 orang pemboleng, 28 orang panitia, dan 85 orang warga di sekitar MTS Khadijah.
Ia berharap kedepannya akan ada acara-acara bakti sosial lainnya yang akan diadakan MTs Khadijah. “Harapannya semoga kedepan bisa ada acara serupa ini lagi,” tambah Dono.
Burhannudin K, S.Pd.I Waka Humas MTs Khadijah menambahkan, kegiatan ini sekaligus sebagai syiar yang mengajak pada kebaikan dan keihklasan dalam berkurban. Dengan harapan dapat berguna untuk semua warga Desa Baran, siswa, maupun para guru. (mp5/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :