UWG Kelola Usaha Jasa Transportasi


 
MALANG – Program hibah Ipteks bagi Inovasi Kewirausahaan Kampus (IbIKK) Universitas Widyagama akan berakhir pada 2017 ini. UWG mendapatkan hibah ini mulai tahun 2015 dan akan berakhir tahun 2017 ini. 
“Program ini bertujuan untuk merealisasikan hasil-hasil inovasi dan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang organisasi kelembagaan dan manajemen,” ujar Rektor UWG Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS.
Jasa transportasi pariwisata diangkat sebagai tema program ini dengan pertimbangan bahwa Kota Malang sebagai Kota Pendidikan dan Kota Wisata akan banyak menerima kunjungan luar.
Kedatangan tamu ini  akan berdampak positif pada aktifitas ekonomi di banyak bidang, dan dari semua bidang ini, transportasi menjadi sarana penunjangnya. Peluang ini ditangkap oleh Iwan dengan mendirikan usaha jasa transportasi pariwisata melalui program IbIKK.
Sebelum program ini dijalankan, UWG sudah memiliki bus kampus yang sudah sering disewa pihak eksternal. Karena permintaan yang cukup tinggi, maka kegiatan tahun pertama program ini adalah pengadaan mobil Elf berkapasitas 17 seat sebagai armada pendamping,  disamping mobil kecil yang lain
Sampai dengan tahun terakhir program ini, kegiatan yang sudah dilakukan adalah pengadaan dua ruangan untuk edukasi wisata, promosi edukasi wisata, pelatihan pelayanan prima – safety riding – otomotif,  peningkatan manajemen perkantoran, peningkatan fasilitas bus, pembuatan 27 video clip wisata, pengadaan drone bercamera, edukasi wisata kepada masyarakat melalui 17 judul di blog Kompasiana.
Cash flow dari usaha jasa transportasi pariwisata ini mampu menutup angsuran pembelian mobil Elf dan diharapkan ke depan usaha jasa ini mampu memberikan revenue generating bagi Kampus Inovasi ini. (sin/oci)

Berita Lainnya :