magista scarpe da calcio Tebarkan Kebaikan, Bina 70 Madrasah


Tebarkan Kebaikan, Bina 70 Madrasah

 
MALANG - Gebyar HUT ke-39 MIN 1 Kota Malang berlangsung meriah penuh makna. Kemeriahan dilakukan sejak Jumat (8/9) lalu, saat seluruh civitas akademika, mulai guru, karyawan dan seluruh siswa menebar lebih dari seribu balon ke udara.
 Tebar balon yang rutin dilaksanakan tiap parayaan HUT ini, membawa arti MIN 1 Kota Malang terus mengangkasa menggapai cita-cita yang tinggi. Cita-cita untuk memberikan yang terbaik bagi agama Islam dan bangsa Indonesia. Hal ini dilakukan melalui kiprahnya sebagai lembaga pendidikan dalam mencerdaskan generasi bangsa, cerdas secara afektif, kognitif maupun psikomotorik.
Hingga mencapai usianya yang ke-39 kali ini, MIN 1 Kota Malang, dengan segudang prestasinya tidak ingin maju sendiri. Oleh karenanya, tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Tebarkan Kebaikan Bersama untuk Menjadikan Madrasah Lebih Baik’.
Kepala MIN 1 Kota Malang Drs. Suyanto, M. Pd mengatakan, pihaknya ingin MIN 1 Kota Malang tidak tumbuh besar sendiri, namun juga membawa berkah dan kebaikan bagi madrasah-madrasah lainnya. "Sebagai salah satu madarasah yang ada di Kota Malang ini, dengan usia yang sudah tidak lagi muda, kami ingin maju bersama-sama dengan madrasah lain," ucapnya.
Menebar kebaikan, dengan menjalin kerjasama dan merangkul lembaga lainnya, MIN 1 Kota Malang telah mempunyai 70 madrasah binaan di Malang Raya. Seluruh madrasah tersebut, dibina melalui pendampingan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K13). Secara spesifik mengedukasi guru-guru untuk memahami sistem pembelajaran dan penilaiannya.
“Pendampingam ini kami lakukan setiap tahun, supaya MIN 1 Malang  dan madrasah lainnya bisa terus melangkah maju bersama,” tutur Suyanto.
Sejalan dengan upaya untuk mewujudkan visi sekolah yaitu beriman, berakhlakul karimah, dan berprestasi. Suyanto selalu menanamkan kepada warga madrasah agar seluruh perbuatan selalu didasari pada kebaikan. Menebarkan  kebaikan dapat dilakukan mulai dari hal sekecil apapun dan dalam semua aspek.
"Dan yang paling penting dalam proses pendidikan adalah keteladanan setiap guru,"  imbuhnya.
Ia menurutkan bahwa dengan bertambahnya usia madrasah, hal terpenting yang harus dilakukan adalah Dijelaskannya, dalam evaluasi mengenai apa yang telah dicapai dan apa saja yang perlu diperbaiki kedepannya,  ia mengajak guru-guru untuk selalu mengawali setiap kegiatan dengan niat ibadah.
“Di umur ke-39 tahun ini kami melakukan evaluasi dan melakukan introspeksi diri, sudah sampai dimana posisi MIN 1 Kota Malang saat ini, serta apa yang belum berhasil untuk diwujudkan,” tuturnya.
Dia pun berharap, dari berbagai kemajuan yang dicapai madrasah yang dipimpinnya, guru-guru MIN 1 Kota Malang tetap bersemangat dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat. "Semoga tujuan kami  untuk mencetak lulusan yang  beriman, berakhlakul karimah dan berprestasi dapat terwujud," harapnya.
Usai tebar balon, kegiatan dilanjutkan dengan family gathering. Beberapa lomba digelar untuk memeriahkan HUT ke-39 MIN 1, antara lain lomba bola berputar, sungai beracun, balapan ulat, bisikan berantai, eftafet hulahoop dan bola gayung.
Setiap lomba dilaksanakan dengan kolaborasi antara orangtua dan anak. Perlombaan yang berlangsung seru ini menggambarkan kekompakan dalam sebuah keluarga. Keakraban dan antara anak dan orangtua yang mungkin selama ini dirasa kurang, menjadi lebih terasa dalam lomba tersebut.
Di hari yang sama, MIN 1 Kota Malang juga melakukan kunjungan serta memberikan santunan kepada tiga panti asuhan di Malang, yaitu Panti Asuhan Sunan Giri, Panti Asuhan K.H. Mas Mansyur, serta Panti Asuhan Al Alawiyah.
Siang harinya, digelar acara pertemuan antara Pengawas Komite, Pengurus Komite, para guru dan Pengurus Paguyuban Orang tua Siswa.  Dalam pertemuan tersebut, hadir Wakil Walikota Malang, Drs. Sutiaji selaku Pengawas Komite MIN 1 Kota Malang dan Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. Maskuri M.Si, selaku Ketua Komite MIN 1 Kota Malang.
Sutiaji berharap kekuatan MIN 1 yang dibangun melalui kebersamaan akan semakin kuat di masa yang akan datang. "Sebab kita mempunyai derajat itu bukan karena diri sendiri, tapi karena kebersamaan dengan orang lain," ucapnya.
Ketua Komite MIN 1 Kota Malang, Maskuri juga berharap MIN 1 Kota Malang menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan bersaing. "Untuk mencapai itu, kami pengurus komite siap mendukung madrasah ini," ungkapnya. (imm/mp1/sir/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top