Terapkan PPK, Siswa SDN Kauman 1 Makin Religius


MALANG – Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Kauman 1 sudah memasuki sembilan bulan sejak dimulai Januari lalu. Selama itu pula, sekolah bersama orang tua berhasil membentuk siswa yang berkarakter serta berkepribadian yang religius, yang merupakan tujuan dari PPK.
Kepala SDN Kauman 1 Dra. Anita Rose Maria, M.Pd mengatakan, program sekolah lima hari ini pun akan terus ia jalankan. Untuk itu, keseimbangan didikan di sekolah dan di rumah juga sangat menentukan pembentukan karakter anak.
“Di sekolah, mereka belajar. Di rumah mereka mempraktikkan. Itulah dua hal  yang harus sejalan,” ungkap Anita.
Anita bersyukur, dengan adanya keseimbangan seperti itu, siswanya bisa mengikuti program kemendikbud ini dengan baik dan sempurna.  “Alhamdulillah, pelaksanaan PPK kali ini sudah berhasil mencapai tujuannya. Yakni menjadikan siswa di sini sebagai anak yang rajin salat, taat kepada orang tua, dan sopan santun mereka bertambah,” terangnya.
Ibu satu anak ini mengatakan, evaluasi pelaksanaan PPK akan terus dilakukan demi mencapai tujuan secara progresiv nantinya. Oleh karena itu, Anita, juga mengajak orang tua murid untuk terus bersinergi dalam pelaksanaan PPK. Menurutnya, pelaksanaan PPK melibatkan orang tua ini penting.
”Memang ketika anak di sekolah adalah tanggung jawab kami. Namun, tidak melepas juga pantauan orang tua yang lebih mengenal anak mereka. Saya rasa jika PPK berjalan sendiri hanya melibatkan sekolah saja mungkin kurang bisa maksimal,” terang dia.
Salah satu orang tua murid, Nurul Ami mengatakan, siswanya yang sudah duduk di kelas VI ini pun sudah mengalami banyak perubahan ketika di rumah. Ia mengaku PPK yang telah dilaksanakan telah membantu mendidik anaknya.
“Anak saya perempuan itu cukup lincah, dia kritis dan biasanya memang cenderung berperilaku seenaknya. Namun, belakangan dia sudah sopan. Bagaimana bergaul dengan mamanya dia sudah mengerti. Berkat program PPK yang dibiasakan untuk sopan terhadap orang yang lebih tua,” kata perempuan berhijab ini. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :