Sukses Gelar Lomba Inovasi Pangan dan Foodgenic

 
MALANG – Produk pangan lokal yang sekarang makin tak lagi digemari masyarakat akibat maraknya kuliner kekinian, kini coba diangkat lagi oleh Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang (AKAFARMA PIM). Menggandeng anak muda siswa SMK, mereka ditantang untuk mengolah bahan pangan lokal bergizi tinggi menjadi makanan yang menarik dan menyajikannya dalam gambar yang atraktif dalam gelaran Transfoodmation.
Ada dua kategori dalam lomba, yakni lomba Karya Inovasi Pangan dan lomba Foodgenic. Kedua lomba ini menyedot banyak peserta hingga kemudian disaring menjadi 20 finalis Transfoodmation 2017 yang bersaing sengit di Pasar Apung Museum Angkut, 9 September lalu.
Di lomba inovasi pangan, siswa ditantang mengolah bahan pangan fungsional yang diinovasi menjadi berbagai macam produk olahan seperti, pudding, spaghetti, snack dari singkong ice cream dan berbagai produk inovasi yang belum ada di pasaran. 
“Yang menarik dalam lomba inovasi pangan ini. Selain dari bahan alam yaitu teknik penyampain Karya Inovasi  dikemas dengan cara entertaint, peserta diberi kebebasan untuk mempromosikan produk hasil karyanya dengan berbagai cara seperti tari, puisi, teater ataupun yang lain, hal ini sengaja dilakukan mengingat generasi saat ini adalah generasi  multitasking yang mampu mengkolaborasikan semua media dalam satu kegiatan,” ujar Fitri Eka Lestari, Ketua Panitia Kegiatan ini.
Sementara itu lomba lainnya Foodgenic, memamerkan 10 Karya Food Photography hasil bidikan kamera dari siswa-siswi SMA/MA/dan SMK se-Jawa Timur dan dipilih tiga terbaik oleh para juri. Lomba ini dirasa pas dengan ketertarikan yang tinggi dari generasi muda pada bidang fotografi dan kuliner. Memadukan makanan tradisonal dengan bidikan ciamik para pecinta fotografi, diharapkan menumbuhkan ketertarikan pada makanan yang mulai langka ini. (ras/oci)

Berita Lainnya :