Konjen AS Promosi Pendidikan Tinggi di Malang

 
MALANG - Pameran Pendidikan Pasca Sarjana A.S Educational USA di Malang resmi dibuka oleh Konsul Jenderal Amerika Serikat Heather Variava di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, kemarin (14/9). Sebanyak 15 perguruan tinggi dari Amerika Serikat berpartisipasi bersama hampir 1.000 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Jawa Timur.
“Prioritas utama saya yakni untuk meningkatkan kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat, dan tidak ada cara yang lebih baik daripada melalui pendidikan. Saat ini ada sekitar 9.000 mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika dan mudah-mudahan di masa depan akan lebih meningkat lagi,” ujar Heather.
Pameran pendidikan ini menjadi suatu kesempatan yang baik bagi mahasiswa Indonesia untuk mengetahui lebih dalam mengenai 15 perguruan tinggi di Amerika, bertemu dengan perwakilan dari berbagai universitas Kedutaan besar Amerika Serikat, AMINEF, USAID Prestasi, dan LPDP.
Mahasiswa juga berkesempatan untuk mendapatkan sesi khusus dengan penasehat Education USA untuk belajar proses pendaftaran visa, menulis essay dan resume, sekaligus mendaftarkan beasiswa dan bantuan keuangan.
“Kami ingin membuat semua semudah mungkin bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Amerika Serikat, dan melalui pameran ini mereka mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan para ahli di satu tempat,” imbuh Variava.
Sistem pendidikan di Amerika Serikat, lanjutnya, mengacu pada pemecahan masalah, praktek, dan pengalaman serta merupakan sistem yang terbentuk dengan baik dan kuat sehingga tidak terpengaruh pada isu-isu dunia sekarang ini. Kali ketiga digelar, kemarin, pameran menghadirkan perwakilan dari New York University, Michigan State University, dan lainnya.
Wakil Rektor I UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, berharap kegiatan ini dapat menjadi suatu jendela untuk mengetahui universitas di Amerika Serikat, meskipun hanya menghadirkan sedikit dari sekitar 4.000 perguruan tinggi. 
“Termasuk juga menjadi pintu masuk berbagai informasi beasiswa yang tersedia setiap tahun di berbagai tingkat, baik melalui pemerintah Indonesia, pemerintah Amerika Serikat, dan dari universitas sendiri,” ujarnya
Maryam Jameela Al Yasmin, mahasiswa semester 7 jurusan Psikologi UIN Malang mengaku datang untuk memenuhi undangan selaku anggota dari Young South ASEAN leader, sekaligus untuk mengali informasi lebih dalam untuk rencananya melanjutkan studi di Amerika Serikat.
“Kebetulan memang ingin lanjut studi psikologi di Amerika Serikat, namun universitas yang saya incar tidak ada di pameran. Tadi sempat melihat profil Michigan State University dan sepertinya saya sedikit tertarik,” ujarnya.
Meskipun telah kerap memilik informasi perguruan tinggi dari website, namun terdapat beberapa hal yang bisa didapatkan dengan datang langsung ke pameran.
“Kit bisa tanya-tanya tentang bagaimana budaya dan kehidupan di sana, dan itu tidak dimuat di laman website. Jadi, informative sekali,” imbuhnya. (ras/oci)

Berita Lainnya :