magista scarpe da calcio Magister Kenotariatan Unisma Makin Diminati


Magister Kenotariatan Unisma Makin Diminati


MALANG - Program Studi (Prodi) Kenotariatan Pasca Sarjana Universitas Islam Malang (Unisma) semakin diminati. Salah satu indikatornya yakni meningkatnya jumlah mahasiswa walau prodi ini masih baru. Salah satu fokus Prodi Kenotariatan Pasca Sarjana Unisma yakni meningkatkan profesionalisme.
Peningkatan jumlah mahasiswa baru prodi tersebut tampak pada Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshilka-Maba) tahun ajaran 2017/2018, Sabtu (16/9) kemarin. Kegiatan yang digelar di Hall KH Aburrahman Wahid Gedung Pasca Sarjana Unisma ini diikuti 28 mahasiswa baru. Tahun ini, Prodi Kenotariatan Pasca Sarjana Unisma  memang mengalami kenaikan jumlah mahasiswa sejak dibuka dua tahun lalu.
Ketua Prodi Kenotariatan Pasca Sarjana Unisma Dr. Sunardi SH MH mengatakan, kenaikan jumlah mahasiswa yang progresif ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan. Kendati prodi ini masih baru, namun kenaikan jumlah mahasiswa  yang progresif ini menunjukkan citra Unisma yang sudah tidak diragukan lagi.
“Prodi ini baru, dan kenaikan jumlah mahasiswa yang progresif ini menunjukkan kami telah dipercaya. Ini memang merupakan tolok ukur bagi kami dalam memulai prodi seperti ini,” lanjut dia.
Sunardi menyampaikan kepada mahasiswa baru, profesi notaris yang semakin laris harus selalu ditunjang dengan profesionalitas yang tinggi. Ia membeberkan, profesionalitas nantinya akan didapatkan pada materi praktikum.
“Porsi SKS kami, 70 persen praktik, dan 30 persen teori. Artinya kami memang  ingin mencetak profesionalisme mereka. Walaupun mereka sudah bekerja, namun tidak menutup kemungkinan, nilai profesionalisme belum dimiliki,” kata Sunardi.
Dalam menggali sebuah profesionalitas, lanjut dia, seorang notaris harus bisa membaca situasi lapangan. Menangani sebuah kasus, tidak semuanya sama. Kunci yang pasti, kata dia seorang notaris haruslah mempunyai karakter yang professional berlandaskan kejujuran, serta integritas moral.
“Kami mempunyai mata kuliah untuk membekali mereka karakter professional seperti itu. Materi kuliah yang diberikan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), jadi harapannya dengan standart sama, mereka bisa mempunyai daya saing yang berstandart nasional,” terangnya.
Untuk lebih memantapkan, sambungnya, Prodi Magister Kenotariatan juga mengadakan kuliah tamu, yang mendatangkan para praktisi dibidang kenotariatan. Selain professional, ia berharap, calon magister kenotariatan ini bisa lulus tepat waktu.
“Menurut saya, tepat waktu adalah salah satu cara untuk menunjukkan profesionalisme mereka. Sebab, ketika mereka berhasil menyelesaikan masa studi tepat waktu, itu tandanya mereka profesional, karena sudah menyelesaikan tanggung jawab mereka. Maksimal 8 semester” jelas Sunardi.
Hari ini, ada 10 Prodi Pasca Sarjana Unisma yang juga memberikan orientasi kepada mahasiswa baru dengan total 306 mahasiswa. Sembilan Prodi Magister, dan 1 Prodi Doktoral. (sin/van)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang