Ajak Orang Tua Pantau Progres Akademik Mahasiswa


MALANG – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Widyagama Husada menyambut bergabungnya ratusan orang tua mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018 sebagai keluarga besar. Orang tua dari 129 mahasiswa baru ini hadir dalam agenda pertemuan yang diadakan pada, Sabtu (16/9).
Bertempat di aula, seluruh orang tua nampak antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh para pejabat kampus. Wakil Direktur I bidang akademik, dr Wira Daramatasia M.Biomed mengajak orang tua untuk turut andil dalam masa studi anak mereka. Agar tujuan yang dicita-citakan tercapai. “Peran serta orang tua dalam kesuksesan mahasiswa ini perlu. Sebab orang tua adalah orang yang paling kenal dekat dengan mahasiswa, jadi kami harap orang tua turut memantau akademik anak mereka,” kata Wira.
Ia memaparkan cara-cara memantau progres akademik mahasiswa. Dia menunjukan sistem online yang digunakan oleh Stikes Widyagama Husada  yang saat ini mempermudah orang tua untuk memeriksa progres akademik mahasiswa. Terlihat orang tua, antusias mencatat setiap langkah yang dipaparkan.
Selain itu, Wira juga menyampaikan karakteristik setiap jurusan. Ia memaparkan tentang prospek kerja setiap jurusan. Tujuannya agar orang tua bisa membantu anak mereka untuk mencari pekerjaan. Menurutnya, orang tua merupakan  salah satu penentu dari kesuksesan dan  keterserapan tenaga kerja. Sebab, arahan orang tua masih sangat dibutuhkan.
“Orang tua bukan hanya membantu proses akademik mahasiswa. Namun juga membantu kelulusan hingga keterserapan tenaga kerja nantinya,” kata Wira,
Harapannya, bersinergi dengan orang tua, mahasiswa kegiatan akademik di civitas akademik Stikes Widyagama Husada bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas  dengan masa studi tepat waktu.
Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Indonesia Widyagama Malang,  Prof H.Abdul Muktie Fadjar juga menyampaikan tentang masa studi yang harus ditempuh mahasiswa tepat waktu. Studi tepat waktu, menurut Muktie Fadjar adalah sebuah tujuan yang tidak kalah penting, selain nilai akademik, dan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
“Bapak/ibu di sini, saya berharap bisa memberikan dukungan dan turut memantau proses akademik mereka selama kuliah. Bagi D3, harus selesai selama tiga tahun. Untuk sarjana, harus bisa menyelesaikan selama empat tahun, tepat,” bebernya. (sin/van)

Berita Lainnya :