Sukseskan APEKSI, Prodi IP UMM Pertahankan Akreditasi A


MALANG - Kabar menggembirakan kembali datang dari salah satu program studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Setelah sebelumnya Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia berhasil memperoleh Akreditasi A, baru-baru ini Prodi Ilmu Pemerintah (IP) juga mempertahankan akreditasi prodinya dengan predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Ketua Prodi IP UMM Hevi Kurnia Hardini, MA.Gov dirilis Humas UMM menuturkan, upaya peningkatan dan pengembangan Prodi ini tidak hanya didukung dengan kegiatan internal, namun juga kegiatan eksternal di luar kampus. Juga, didukung oleh seluruh civitas akademika di lingkungan prodi, baik itu oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Adapun bentuk dukungan ini diwujudkan dalam pengabdian dan bimbingan teknis (Bimtek) yang dilakukan oleh dosen di berbagai lembaga pemerintahan dan kelompok masyarakat.
“Sedangkan wujud kegiatan mahasiswa yang dilakukan di luar kampus adalah terwujudnya kiprah mahasiswa dalam event Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Juli silam, dan berbagai organisasi kemahasiswaan,” tukasnya.
Diakuinya, quality assurance yang dimiliki Prodi IP UMM juga sangat membantu mengevaluasi kinerja. Dengan adanya evaluasi tersebut, Prodi IP UMM berusaha untuk meningkatkan kualitasnya sehingga ketika ada penilaian akreditasi atau assessment tidak dirasakan kendala yang berarti.
“Quality Assurance sebenarnya mempersiapkan program studi secara internal, sehingga siap untuk maju di tahap audit eksternal atau assessment lapangan. Upaya penyusunan dokumen program studi ini bertujuan melaksanakan reakreditasi dan untuk mempertahankan akreditasi A,” ungkapnya. 
Ke depan, Prodi IP UMM juga bakal menggenjot perluasan kerjasama internasional yang telah dimulai sebelumnya. Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap program internasionalisasi UMM, mahasiswa Prodi IP UMM juga mendorong mahasiswanya untuk mengikuti kursus bahasa asing agar mudah mengakses berbagai tawaran beasiswa maupun internship.
“Selain kerjasama internasional bagi dosen dan mahasiswa, berikutnya adalah memperluas jaringan program magang riset. Karena program ini cukup memberikan poin yang sangat signifikan. Karena itu, kita punya program menempatkan mahasiswa program riset terstruktur, baik di beberapa lembaga kementerian dan pemerintah Jawa Timur, juga tentunya Malang Raya,” tukasnya. (oci)

Berbahan Sampah, Siswa Hasilkan Produk Kreatif//
MALANG- SMP Islam Sabilillah mengajak siswanya menuangkan ide kreatif dari sampah. Dalam kegiatan bertajuk Mendulang Berkah dari Sampah, sejumlah produk dipamerkan. Diantaranya mobil pembersih sampah, tempat duduk elektrik, aquarium serbaguna, larva lamp, tangan hidrolik, hidroponik, frezzer mini, choco slide, pot bunga dari botol bekas, vending machine sip, dan lain-lain.
“Ini merupakan tahun kedua kami melaksanakan pembelajaran berbasis proyek,” ujar Idi Rathomy Baisa, S.Pd, M.Pd ini. Sebelum kegiatan pameran Sabtu lalu, siswa sebelumnya diajarkan tiga hal, yaitu Plan-Do-Present. Siswa merancang proyek, melaksanakan dan mempresentasikan dalam assembly.  
”Saya senang mengikuti pembelajaran dengan PjBL ini karena kami bisa berinovasi dan kreatif  dalam membuat sebuah produk yang sangat imajinatif,” ungkap Ale  Sulthoni, siswa 7D yang menciptakan Kapsus atau kapal sampah penyedot limbah minyak di lautan. (oci)

Berita Lainnya :