Fun Run 5K Play On, Kolaborasi SMAK Santa Maria dan IKA SANMAR

 
MALANG - SMAK Santa Maria bersama Ikatan Keluarga Santa Maria (IKA SANMAR) sukses menggelar Fun Run 5K Play On untuk kali pertama, Minggu (17/9) kemarin. Sebanyak 1599 peserta ikut bergabung dalam kegiatan yang di inisiasi IKA SANMAR ini. Padahal, panitia awalnya hanya menetapkan 1000 peserta.
Masyarakat menyambut dengan antusias, utamanya para alumni yang banyak hadir dari luar Malang untuk menyemarakkan acara alamamater yang mereka cintai.
“Satu kata untuk mereka, yaitu bangga. Saya bangga kepada semua, baik itu siswa, guru, orang tua, para alumni yang begitu gigih dalam mensukseskan acara ini,” kata Kepala SMAK Santa Maria, Sr. M. Theresella Karti, SPM kepada Malang Post.
Peserta Fun Run yang diberangkatkan pada pukul 06.00 dengan garis start finish berada Ijen Suites harus berlari sepanjang lima kilometer. Rute yang dilalui mulai Jalan Ijen Nirwana Raya, Jalan Terusan Ijen, Ijen, Wilis, Panderman, Kawi Atas, Dieng dan Jalan Raya langsep.  
Theresella bersukur akan kegiatan yang awalnya diinisiasi oleh para alumni tersebut. Dengan begitu, Ia mengatakan pengurus IKA SANMAR yang terbentuk pada 8 Januari lalu ini, telah merealisasikan salah satu programnya untuk ikut serta memajukan SMAK Santa Maria. 
Ia pun berharap IKA SANMAR menjadi organisasi yang dapat mewadahi para lulusan SMAK Santa Maria, sehingga memberikan karya nyata dalam membangun lembaga. 
“Kami sangat berterima kasih atas inovasinya. Semoga semangat ini menjadi contoh bagi para siswa.  Dan ketika sudah lulus, mereka nanti bisa segera bergabung dengan kakak-kakaknya yang semangat itu,” ucap mantan kepala SMPK Santa Maria 2 ini. 
Sejauh ini, lanjut Theresella, antara lembaga dan alumni memiliki misi yang sama. Sehingga setiap program yang dicanangkan IKA SANMAR dapat dikolaborasikan dengan lembaga.
“SMAK Santa Maria sedang membangun. Kami berharap alumni bisa sama-sama merapatkan diri, sehingga sekolah ini tegak kokoh di Kota Malang ini,” tegasnya.
Keberadaan IKA SANMAR menurutnya sangat penting, khususnya sebagai jaringan dalam membangun networking bagi SMAK Santa Maria ke depannya.
“Maka kami sangat menginginkan sinergitas untuk mencapai tujuan yang sama,” imbuhnya.
Ketua IKA SANMAR Martinus Dwi Harry mengatakan, Fun Run 5K Play On merupakan salah satu program kerja IKA SANMAR untuk memperkenalkan keluarga besar Santa Maria kepada masyarakat. Ada sekitar 300 alumni yang bergabung sebagai peserta mulai dari angkatan tahun 1972.
“Olahraga lari saat ini lagi tren dan belum ada sekolah yang menyelenggarakan. Maka kami ingin bersama-sama menghidupkan gaya hidup sehat,” ucap Martin.
Agar kegiatan Fun Run menjadi lebih menarik, peserta tidak sekedar berlari. Tapi mereka harus melewati beberapa rintangan kecil sebagai tantangan selama perjalanan. Untuk itu pihaknya juga berkerjasama dengan komunitas lari Kota Malang.
“Challenge ini dibuat agar fun run semakin menarik. Jadi tidak sekadar berlari. Dan keberadaan komonitas lari ini juga mengajarkan anak-anak bagaimana cara berlari yang benar,” terangnya. 
Ditambahkannya, keberdaan IKA SANMAR telah menjadi wadah pemersatu seluruh lulusan SMAK Santa Maria. Sebelumnya, lulusan masih terkotak-kotak sesuai angkatan masing-masing.
“Dan sekarang lulusan sudah bisa meyatu dalam satu wadah yang resmi yaitu IKA SANMAR,” tambahnya. (imm/sir/aim)

Berita Lainnya :