MGMP Cari Bibit Terbaik Menuju LKS


MALANG - SMK Telkom Malang menjadi tempat penyelenggaraan lomba untuk bidang IT pada LKS SMK 2017. Meliputi lomba Network Support, Desain Grafis, Web Design, dan Software Aplikasi. Pada pelaksanaan LKS di tahun ini, kepanitiaan diserahkan kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan kepanitiaan ini akan dirasa lebih transparan karena terdiri dari sekolah-sekolah yang tergabung dalam MGMP. 
Antonius Duty, ketua Panitia Bidang TKJ mengungkapkan, soal dibuat oleh juri dari kalangan profesional, praktisi dan akademisi. Meski model soal sama seperti tahun lalu, namun tingkat tingkat kesulitannya lebih tinggi.
“Soal-soalnya mengacu pada LKS tingkat Nasional, jadi standarnya sudah tinggi. Ada juara 1, 2 dan 3 yang diberikan, tapi hanya satu orang yang menjadi wakil kota Malang di LKS Provinsi di Banyuwangi bulan depan,” ujarnya.
Lomba Web Design diikuti oleh sebanyak 12 peserta, lomba Software Aplikasi diikuti delapan peserta, 18 peserta di lomba Grafis Design dan lomba Network Suport diikuti oleh 17 peserta. Keempat bidang tersebut masuk dalam jurusan Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia.
Anton, demikian sapaan akrabnya mengatakan, siapapun siswa yang menjadi juara LKS akan mendapatkan dukungan penuh dari tim kota Malang hingga ke tingkat yang lebih tinggi.
Salah seorang peserta dalam bidang network support, Achmad Nuril Fauzi dari SMKN 4 Malang mengaku telah melakukan persiapan untuk lomba ini selama satu minggu. Terpilihnya dia mewakili sekolah atas penunjukan langsung dari guru pembina.
“Saya tidak tahu kenapa saya yang ditunjuk. Sebelumnya saya pernah Prakerin berjaga di Network Operation Center sekolah. Mungkin dari situlah guru pembina melihat dan menunjuk saya,” ujar siswa kelas 12 tersebut.
Menurutnya, bagian yang paling sulit dari lomba ini yakni pada pemahaman soal. Namun dia berharap dapat menang dan melaju hingga tahap selanjutnya. Untuk ini, dia merasa optimis karena tidak terlalu banyak hambatan yang dialaminya selama proses perlombaan. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :