LPI Sabilillah Rintis Sekolah Unggulan Angkasa


MALANG - Selama tiga hari, LPI Sabilillah Malang menggelar workshop peningkatan mutu dan pengembangan rintisan Sekolah Unggulan Angkasa.
Kegiatan ini diikuti oleh 102 peserta perwakilan Guru, Kepala Sekolah dan Pengurus Perwakilan dan Cabang Yayasan Ardhya Garini, yayasan Istri TNI AURI. Peserta tersebut berasal dari 21 sekolah pilihan yang diseleksi dari 142 Sekolah Angkasa seluruh Indonesia. Acara dilaksanakan di Golden Tulip Holland Resort, Batu, (15-17/9/17).
Ke-21 Rintisan Sekolah Unggulan Angkasa mulai dari tingkat PAUD, SD/MI, SMP, SMA, SMK, dan SLB ABC yang telah ditetapkan oleh Yasarini bersama LPI Sabilillah Malang. Sekolah ini akan dijadikan Sekolah Unggulan Angkasa dengan berbagai pembinaan intens serta akan dikembangkan sebagai sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah Angkasa yang lain.
“Selama workshop ini, LPIS membekali semua peserta dengan materi-materi peningkatan mutu,” ujar Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M. Pd, Direktur LPI Sabilillah Malang.
Menariknya lagi, LPIS membentuk tim 9 untuk menangani program ini. Terdiri dari kabag kurikulum, kesiswaan, PAP & UPT, Humas, KS SD-SMP-SMA, dan staf humas LPI Sabilillah Malang. Workshop dimulai dari sosialisasi dan keterbacaan Pedoman Sekolah Angkasa, Kepemimpinan Pembelajaran Visioner, penyusunan Program Unggulan berdasarkan Visi dan Misi Sekolah, penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah, hingga sosialisasi branding Sekolah Angkasa, Laporan Akuntabilitas Sekolah Angkasa (LAKSA) dan acara Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO). Juga dibahas bagaimana pelaksanaan Rakor dan Pemilihan Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi.
Ketua Umum Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dalam sambutan pembukaannya berharap, penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik. Di segala lapisan pengelolaan pendidikan telah dikembangkan Pedoman Pelaksanaan Program Pendidikan yang meliputi Pedoman Pendidikan Sekolah Angkasa, Pedoman Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Pedoman Tata Kelola Keuangan, dan Pedoman Tata Kelola Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).
”Keempat pilar peningkatan ini menjadi fokus peningkatan mutu Sekolah Angkasa di seluruh Indonesia yang dituangkan dalam sebuah kegiatan workshop kali ini,” pungkasnya. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...