Dosen Unikama Edukasi Internet Sehat

 
MALANG - Salah satu dosen program studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Yoyok Sheby Dwakono, S.Kom., M.Kom, ditunjuk sebagai manager Telecenter, suatu organisasi yang berada pada binaan Dinas Kominfo kota Malang dan Dinas Kominfo Jawa Timur. Sebagai manajer, Yoyok memiliki komitmen mengedukasi masyarakat terutama dalam berinternet yang sehat.
“Kami memiliki misi memberikan edukasi masyarakat tentang teknologi komputer, juga materi internet sehat dan aman ditambah bagaimana pemanfaatannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Yoyok.
Menurutnya, telah banyak masyarakat yang memiliki fasilitas internet memadai, namun penggunaan yang diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga, masih sedikit jumlahnya. Padahal, pemakaian teknologi dengan bijak dapat menguntungkan penggunanya pada berbagai sisi kehidupan.
“Rata-rata masyarakat menggunakan smartphonenya hanya untuk sekadar bermain sosial media saja. Ada banyak fitur dari smartphone yang jarang digunakan, ” bebernya. 
Padahal, lanjutnya, masih banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan, diantaranya fitur perekam, dan pengingat kegiatan.
Materi lain yang diberikan meliputi penggunaan internet. Seusai memberikan materi mengunggah foto, masyarakat berbondong-bondong memanfaatkan aplikasi marketplace untuk media promosi gratis produk mereka.
Selain itu, kata dia, melalui Program Studi Sistem Informasi, Unikama saat ini tergabung dalam organisasi Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bekerja sama untuk membantu pemerintah dalam tata kelola teknologi dan informasi. (ras/oci)

Berita Lainnya :