magista scarpe da calcio Rayakan Tahun Baru Islam, Siswa Tangkap Lele di Sawah


Rayakan Tahun Baru Islam, Siswa Tangkap Lele di Sawah

 
MALANG -  Sebanyak 700 siswa playgroup hingga SD Plus Qurrota A’yun menggelar perayaan Tahun Baru 1439 Hijriyah dengan meriah, kemarin (21/9). Usai mengikuti kirab, mereka berlomba menangkap kurang lebih seribu ekor lele yang dilepas di sebuah area sawah berlumpur. Saking bersemangatnya, mereka tak memperdulikan cipratan lumpur yang mengenai seluruh badan mereka.
“Seru sekali, sampai-sampai banyak siswa yang tertutup lumpur di seluruh tubuh sampai hanya terlihat matanya saja. Untungnya mereka sudah ganti dari baju muslim,” ujar Ketua Yayasan Taat Qurrota A’Yun, Suryadi.
Para siswa tumpah ruah di lahan sawah berlumpur berukuran kurang lebih 20x25 meter. Mereka hanya diperbolehkan menangkap lele dengan kedua tangan dan hasilnya boleh dibawa pulang.Siswa dengan perolehan lele terbanyak dan terbesar, akan mendapatkan hadiah.  Namun, berkat pembiasaan karakter sosial, siswa yang berhasil menangkap banyak lele membagikan hasil perolehan lele mereka ke teman lain.
“Kami beri waktu anak-anak satu jam, tapi sampai 1,5 jam mereka masih tidak mau berhenti. Ada yang bisa menangkap 26 ekor lele, tapi ada juga yang sedikit. Yang paling besar 2 kilogram, yang tangkapannya banyak dibagikan ke teman yang tangkapannya sedikit,” imbuhnya. 
Menyajikan konsep yang berbeda dalam penyambutan tahun baru hijriyah, Suryadi mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu cara yang mengasikkan untuk mengajarkan rasa syukur kepada siswa. Bila sebagian orang mengungkapkan rasa syukur dengan tumpengan, maka siswa juga bisa berbagi dengan lele.
“Slogan pendidikan itu kan sehat, cerdas dan ceria, jadi harus bisa mengemas semua bentuk kegiatan pendidikan agar anak-anak merasa ceria. Kalau sudah begitu, anak-anak akan semangat,” ujar dia. 
Giat tangkap lele ini adalah yang kali ketiga digelar, meski tak selalu ditempatkan pada peringatan tahun baru Islam. Tahun lalu, tangkap lele dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan RI. Sehinga, saat peringatan HUT RI di 2017 ini, siswa sudah sering mempertanyakan kapankah lagi mereka bisa menangkap lele.
Sebelum tangkap lele, seluruh siswa melakukan kirab dengan rute sepanjang 1.5 kilometer, sambil membawa berbagai slogan berisi ajakan kebaikan, seperti ‘Ayo Mengaji, ‘Ayo Salat’, dan juga ucapan selamat tahun baru Islam. Seluruh slogan dibuat sendiri oleh siswa di rumah sehingga isinya bervariasi.
Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Ada lebih dari 700 doorprize yang dibagikan, sehingga setiap siswa tetap kebagian jatah satu buah doorprize, meskipun kecil. Namun selain itu, ada pula hadiah lain dan hadiah utama yakni sepeda gunung. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top