Langsep Campus Exhibition Dimeriahkan 41 Perguruan Tinggi

 
MALANG - Langsep Campus Exhibition (LCE) telah diselenggarakan dengan sukses, beberapa waktu lalu. Sebanyak 41 perguruan tinggi swasta ternama mengikuti agenda yang digelar SMAK Santa Maria itu. Tak hanya dari dalam negeri, tujuh diantara peserta pameran merupakan lembaga studi lanjutan dari luar negeri. Sedangkan 34 perguruan tinggi lainnya dari dalam negeri. Seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali dan Jogjakarta dan Kota Malang sendiri. Diantara kampus hadir yaitu Petra, Ubaya, Binus, Stikom dan lain-lain. Sementara yang dari malang sendiri ada Universitas Ma Chung, Unmer Malang, STIKI, Universitas Widya Karya dan STIE Malangkucecwara (ABM). 
“Dari kegiatan ini kami berharap dapat memberikan informasi kepada siswa berkaitan dengan studi lanjutan baik dalam maupun luar negeri,” ungkap Ketua Pelaksana Nuning Widianasari, S.Pd kepada Malang Post.
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dengan agenda presentasi dari setiap peserta Perguruan Tinggi (PT). Masing-masing mendapat kesempatan dua kali presentasi untuk menjelaskan secara detail seluk beluk kampus mereka. Sesi presentasi ini diberikan khusus untuk siswa kelas XII. 
Sedangkan di hari kedua, kegiatan dimeriahkan dengan expo. Setiap peserta Perguruan Tinggi melakukan open stand untuk dikunjungi oleh para siswa. Di hari kedua ini tidak hanya kelas XII yang terlibat, namun seluruh siswa diperbolehkan berkunjung ke stand expo yang digelar di aula SMAK Santa Maria. 
Nuning menjelaskan, seluruh siswa diberikan kesempatan untuk menggali informasi terkait kampus-kampus yang ada. Meskipun mereka masih duduk di kelas X dan XI. 
“Setidaknya sebagai gambaran bagi mereka untuk melanjutkan kemana nanti setelah lulus. Jauh-jauh hari mereka sudah punya gambaran, agar nantinya tidak bingung mau ke kampus mana dan prodi apa yang akan dipilih,” terangnya. 
Ia menambahkan, manfaat LCE ini tidak hanya untuk siswa. Namun juga berguna bagi orangtua yang ingin mendapat informasi beberapa kampus untuk anak-anak mereka. Dalam hal ini orangtua bisa langsung konsultasi dengan petugas yang menjaga stand kampus terkait. 
“Intinya kami ingin memberi kemudahan bagi siswa dan orangtua. Dengan adanya LCE ini anak-anak tidak perlu pergi jauh untuk sekadar mencari informasi kampus. Cukup kami fasilitasi dalam satu tempat dan satu kesempatan untuk menggali informasi dari banyak kampus,” tuturnya. 
Program LCE ini telah menjadi agenda rutin SMAK Santa Maria setiap tahunnya. Biasanya digelar di kisaran Bulan September. Selain untuk siswa sendiri, SMAK Santa Maria juga mengundang sepuluh SMA/SMK Negeri dan Swasta yang ada di sekitar Jalan Raya Langsep. Khususnya sekolah-sekolah yang tidak menyelenggarakan acara yang sama. 
“Kita ingin berbagi dengan siswa dari sekolah lain. Meskipun SMA Negeri, kan belum tentu nanti kuliahnya di kampus negeri,” imbuhnya. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...