UB Pasang Target Tambah Laboratorium Sosial

 
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) memasang target penambahan laboratorium sosial di setiap fakultas pada tahun 2018. Rektor UB Prof Dr Mochammad Bisri, MS memastikan sudah menyediakan anggaran tapi belum menyebutkan jumlahnya.
Bisri mengatakan saat ini, jumlah laboratorium yang dimiliki UB masih dalam tataran laboratorium sains. Sedangkan untuk laboratorium sosial masih terus diperbaiki dan ditambahkan. 
“Laboratorium sosial yang sementara ini sudah ada, di Fakultas Hukum yakni laboratorium 
simulasi persidangan. Dan menurut saya cukup bagus, namun memang masih perlu pengembangan,” katanya. 
Selain itu lanjut dia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), sudah mempunyai radio untuk siaran. Untuk Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) telah memiliki  laboratorium untuk praktik perkantoran niaga.Fakultas Ekonomi (FE) pun sudah mempunyai laboratorium untuk pelayanan bank. Menurut Bisri, laboratorium tersebut sudah bagus. Namun masih perlu terus dikembangkan.
“Laboratorium selalu mengalami perkembangan alat. Jadi, setiap tahun minimal alat harus terus diperbarui. Seperti fakultas yang sudah mempunyai lab harus terus dikembangkan,” ungkapnya.
Itu semua, lanjutnya, digunakan untuk praktik pengembangan skill mahasiswa. Dalam ilmu sosial, sambung dia, peran laboratorium memang membantu meningkatkan  skill mahasiswa. 
“Berbeda dengan laboratorium sains, yang memang perannya sangat strategis untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian. Kalau ilmu sosial memang penelitiannya lebih luas. Namun, untuk skill, adalah modal mereka untuk bekerja nanti,” kata Bisri.
Hal tersebut sangat penting karena era saat ini persaingan kerja sangat tinggi dan mengutamakan skill. Menurut Bisri, laboratorium untuk ilmu sosial penting. Tidak kalah penting dengan laboratorium eksak.
“Ada yang bilang, kalau nafas ilmu sains adalah laboratorium. Tapi bagi saya, ilmu sosial juga sangat memerlukan itu. Seperti yang saya katakan tadi, untuk pengembangan skill mereka,” terangnya.
Ia berharap, 15 fakultas masing-masing mempunyai laboratorium. Untuk fakultas yang masih memerlukan perkembangan peralatan laboratorium,idealnya bisa terus melakukan pengadaan peralatan baru untuk perkembangan laboratorium. (sin/van)

Berita Lainnya :

loading...