magista scarpe da calcio Proses Maksimal, AKFAR PIM Cetak Lulusan Handal


Proses Maksimal, AKFAR PIM Cetak Lulusan Handal


MALANG - Hari ini, Senin (25/9), Putra Indonesia Malang menggelar wisuda yang diikuti oleh 201 mahasiswa Akademi Farmasi (AKFAR) dan 27 mahasiswa Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA). Seperti wisuda sebelumnya, telah banyak mahasiswa dari kedua jurusan yang sudah bekerja di berbagai bidang industri.
Direktur AKFAR PIM  Ernanin Dyah Wijayanti S.Si., M.P menyebutkan, AKFAR fokus pada proses pendidikan yang maksimal untuk mendapat lulusan terbaik dengan tidak mengandalkan input mahasiswa.
"Pembelajaran yang kami terapkan berpusat pada mahasiswa. Dengan menerapkan model studi Problem Based Learning pada kasus terbaru, dan pembelajaran berpusat pada mahasiswa, mereka sudah terbiasa menghadapi kasus terbaru seperti yang di dunia kerja," ujarnya.
Sebelum wisuda, AKFAR PIM juga menyelenggarakan open rekruitment mengundang berbagai pihak industri.
“Kesempatan ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. Beberapa saat yang lalu, juga digelar workshop persiapan sebelum bekerja dari pihak HRD industri sebagai bentuk tanggung jawab kampus membekali mahasiswa,” ujarnya.
Tak mengherankan bila lulusan AKFAR hanya memerlukan waktu paling lama dua atau tiga bulan dalam masa tunggu kerja. Dalam wisuda periode ini saja, 20 persen lulusan telah diterima bekerja. Berdasarkan data, setiap tahunnya kurang lebih 90 persen lulusan terserap di industri kerja sesuai bidang keahlian, sementara sisanya melanjutkan pendidikan S1.
Menurut Ernanin, dari 108 lembaga AKFAR se-Indonesia, jumlah wisudawan AKFAR PIM kali ini merupakan yang terbanyak se-Indonesia. Didirikan sejak 23 Juni 1997, AKFAR telah meluluskan 1641 mahasiswanya.
Bertepatan dengan momen wisuda, juga akan diresmikan Ikatan Alumni sebagai penghubung lulusan dan bekerja sama dalam membangun almamater.
Selain penghargaan mahasiswa berprestasi, akan ada penganugerahan dosen terbaik, dosen wali terbaik, dan dosen terfavorit dari hasil kuisioner mahasiswa. Baru pertama kali digelar, anugrah dosen sebagai penghargaan atas perannya selama tiga tahun dalam proses akademik mahasiswa.
"Semakin tumbuh pesatnya pendidikan di lembaga Putra Indonesia Malang, maka akan semakin banyak instansi atau industri yang mengejar lulusan. Silahkan dipilih mana yang terbaik yang dapat mengangkat status sosial lulusan," kata Rizal Pratama Nugroho, koordinator Sie Acara. (ras/sir/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top