Belajar Lingkungan, Ajak Siswa Nikmati KWB


MALANG - Sabtu (23/9) lalu, siswa-siswi TK Al-Kautsar Nailun Hamam berkunjung ke Waterpark Wonderland Kota Batu. Kunjungan ini dalam rangka program pengenalan lingkungan di TK yang berada di Jalan Kalimasada Kota Malang ini. Pada program pengenalan lingkungan ini siswa diorientasi pada pengetahuan dan pengalaman baru yang mereka dapat di luar sekolah.
Program pengenalan lingkungan secara teknis dilakukan dengan mengunjungi berbagai tempat yang sarat dengan nilai edukasi maupun pengalaman. Karena masih tingkat Taman Kanak-Kanak, kunjungan diprioritaskan pada tempat yang memiliki wahana permainan.
Kepala TK Al-Kautsar Nailun Hamam Endang Susilowati, S.Pd  mengatakan, program pengenalan lingkungan memang sudah dijalankan sejak lama. Program ini dilakukan sekali dalam tiga bulan dengan tempat kunjungan yang berbeda-beda.
“Tujuannya mengenalkan lingkungan pada anak-anak sehingga selalu ada yang baru dalam memori mereka,” ucapnya.
Hal penting lainnya dalam pengenalan lingkungan ini adalah memupuk sikap mandiri pada siswa. Oleh karena itu, Endang menjelaskan, selama perjalanan siswa dipisahkan dengan orangtua mereka. Dengan demikian mereka bisa mandiri dan tidak merasa terkekang.
“Hasilnya sangat positif. Anak-anak dapat bebas berekspresi dengan teman-temannya sendiri. Tak jarang selama perjalanan mereka mengungkapkan apa yang mereka lihat kepada temannya yang lain,” ungkap Endang.
Menurutnya, kemandirian perlu ditumbuhkan pada diri anak sejak usia dini. Tentu sesuai kadar kemampuan anak pada usia dini.
“Jangan disamakan mandirinya anak TK dengan anak yang lebih tua usiannya dari mereka,” tukasnya.
Oleh karenanya, sikap mandiri tetap menjadi nilai pendidikan yang penting dikembangkan di lingkungan TK Al-Kautsar Nailun Hamam. Tujuannya agar siswa bisa belajar untuk bebas dari ketergantungan sepenuhnya kepada orangtua. “Maka dalam program pengenalan lingkungan ini, sudah dua tuhun terakhir ini kami selalu memisahkan anak dari orangtua,” imbuhnya.
Selain ke Wonderland, siswa TK Al-Kautsar Nailun Hamam juga berkunjung ke Alun-alun Kota Batu. Mereka bermain di wahana yang ada di alun-alun Kota Wisata tersebut. Seperti playground dan semacamnya.
Endang menambahkan dua hari sebelum kegiatan pengenalan lingkungan, pihaknya juga menggelar peringatan Hari Besar Islam. Yaitu peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah. Kegiatan yang digelar pada (20/9) lalu itu berlangsung cukup meriah.
Seluruh guru dan siswa melakukan kirab muharam di Jalan Kalimasada dan sekitarnya. Dengan iringan musik rebana, para siswa membawa berbagai macam poster. Isi poster sendiri bertuliskan ajakan dan slogan kepada kaum muslimin untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan poster yang hanya berisikan ucapan saja seperti Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah.
Endang menjelakan peringatan Tahun Baru Hijriyah sebagai upaya mendidik siswa untuk semakin cinta kepada agama mereka. Diwarnai dengan kirab agar terdapat nilai-nilai syiar Islam yang dibawa TK Al-Kautsar Nailun Hamam kepada masyarakat sekitar. “Ini juga merupakan program rutin kami. Termasuk Hari Besar Islam lainnya seperti Maulid Nabi, Isar’ Mi’raj dan sebagainya,” pungkasnya. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :