MTS Muhammadiyah 1 Raih Prestasi di ME Awards 2017

 
MALANG - MTS Muhammadiyah 1 Malang kembali menorehkan prestasi pada tingkat nasional. Sekolah yang berlokasi di Jalan Baiduri Sepah ini mendapatkan gelar juara 2 dalam bidang olimpiade matematika pada ajang Muhammadiyah Education (ME) Awards yang digelar di UMM Dome pada Sabtu (23/09) lalu. Ajang ini merupakan olimpiade tahunan yang digelar oleh Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur yang mempertemukan seluruh instansi pendidikan yang berada dibawah naungan Muhammadiyah dan memperebutkan berbagai kategori dalam bidang pendidikan.
Beberapa bidang yang diikuti pada olimpiade tersebut antara lain olimpiade matematika, robotik, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bahasa Arab dan bahasa Inggris. MTS Muhammadiyah 1 Malang mengirimkan sebanyak 9 orang delegasi untuk ajang tersebut dan bersaing dengan ribuan peserta lain yang berasal dari sekolah Muhammadiyah dari seluruh Indonesia.
Truli Maulida MA, Waka Kurikulum MTS Muhammadiyah 1 Malang mengungkapkan perasaan syukurnya atas capaian anak didiknya. Pihak sekolah mengapresiasi pencapaian prestasi tersebut karena ajang ME Awards kemarin berlangsung sangat ketat.
“Alhamdulillah kita meraih juara 2 olimpiade matematika atas nama Nafisa Rahmadania kelas 9. Persiapan cukup matang, kita mengirimkan 9 delegasi. Di ajang ME Awards tahun ini persaingan lebih ketat lagi dibanding tahun sebelumnya,” ujar Truli kepada Malang Post.
Truli juga menjelaskan, bahwa pihak sekolah selalu mendukung penuh pada setiap kegiatan akademik untuk siswa-siswinya. Seperti untuk ME Awards ini, pihak sekolah memfasilitasi siswa yang tertarik pada bidang olimpiade matematika dengan membuka ekskul untuk olimpiade matematika.
“Di sekolah memang sudah disediakan sejak lama yaitu ekskul olimpiade matematika yang memang disana itu anggotanya siswa-siswi yang tertarik dengan olimpiade matematika. Kemudian untuk mengikuti kompetisi itu biasanya diseleksi dan dilatih kembali untuk lolos menjadi delegasi sekolah. Ekskul ini ada satu kelas efektif karena jumlah siswa sekitar 20 sampai 25 anak saja,” jelasnya.
MTS Muhammadiyah 1 Malang juga mendapatkan kehormatan untuk menampilkan suguhan tarian nusantara bersama dengan SD Muhammadiyah 2 Denpasar sebagai opening ceremony ME Award 2017 yang saat itu dibuka langsung oleh Prof Dr Din Syamsuddin. Pada ME Awards kali ini, secara umum MTS Muhammadiyah 1 Malang mendapat peringkat ke-7 dari 62 sekolah tingkat MTS Muhammadiyah se-Indonesia.
Atas capaian prestasi ini, Joko Triono, Humas MTS Muhammadiyah 1 Malang menyampaikan harapannya kepada semua anak didiknya agar terus menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.
“Harapan untuk kedepannya, setiap ada kompetisi bisa terus memberikan yang terbaik, baik siswa, guru ataupun lembaga. Kemudian ditingkatkan prestasinya menjadi lebih baik lagi,” kata Joko, sapaan akrabnya. (yan/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :