Gandeng Gudang Garam, Unitri Produksi Biocar


MALANG - Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi memiliki perhatian khusus terhadap permasalahan tanah tandus. Sejak tahun 2008 lalu, para dosen di jurusan Agroteknologi membuat arang organik atau biocar yang dapat menyuburkan sekaligus meningkatkan kualitas hasil tanaman. Sejak tahun 2016, pihaknya telah mengembangkan kerja sama penelitian dengan PT. Gudang Garam untuk memproduksi biocar dari limbah pabrik.
“Arangnya sudah diberikan kepada petani pabrik rokok untuk pemupukan lahan tanaman holtikultura. Tapi sekarang sedang kami kembangkan untuk tanaman pangan,” ujar Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Widowati, MP di sela acara Seminar Nasional bertajuk Standarisasi Bahan Tambahan Pangan pada Komoditi Ekspor dalam Era MEA, kemarin (26/9).
Bila selama ini orang hanya mengenal arang dengan bahan baku dari kayu, maka arang organic ini berasal dari bahan baku limbah ataupun residu, diantaranya tempurung kelapa, sekam padi, dan aneka jenis bahan yang dapat digunakan untuk arang.
"Bukan seperti briket, tapi pupuk yang dikembalikan lagi ke lahan. Bisa dicampurkan ke kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kualitas tanaman," urainya.
Dia melanjutkan, hasil penggunaan pupuk semakin signifikan sebab tak hanya menyasar peningkatan kualitas tanaman namun juga lahan, karena dapat menyuburkan kembali lahan-lahan yang kritis.
Selain itu, Unitri juga giat mengenalkan isu-isu ketahanan pangan pada mahasiswa, diantaranya seminar yang dihadiri oleh pihak akademisi, produsen pangan dan pihak pemerintahan kemarin mengenai penambahan bahan pangan. Tujuannya, sebagai wadah berbagi informasi standart penambahan bahan pangan yang wajib diketahui agar tidak merusak karakteristik produk.
“Aliran bahan pangan di Indonesia ini sangat luas, namun apakah barang yang kita produksi ini telah sesuai dengan standar kesehatan ataupun keamanan pangan agar bisa dikirim ke luar negeri, itu yang wajib kita ketahui,” imbuhnya.
Untuk itu, lanjutnya, mahasiswa bidang pertanian dan pangan harus mengetahui tiga komponen standar bahan pangan, diantaranya kimia, fisika, dan biologi untuk menjaga mutu bahan pangan. (ras/oci)

Berita Lainnya :