STIMATA Gelar Seminar Internasional Oracle Academy


MALANG - STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) menggelar kuliah umum berupa seminar internasional bersama Oracle Academy. Seminar yang dilaksanakan Jumat, (29/9), bertajuk Oracle Academy Virtual Student Day (OAVSD). Diselenggarakan secara virtual (online) dan serentak untuk seluruh Perguruan Tinggi dari sejumlah negara yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Myanmar dan Pakistan yang tergabung dengan Oracle Academy. STMIK Pradnya Paramita merupakan salah satu kampus di Indonesia yang menyeleggarakan acara tersebut.  
Oleh karena itu, kesempatan langka ini tidak disia-siakan oleh STMIK Pradnya Paramita mengingat kampus yang berada di Jalan LA. Sucipto ini telah menjadi bagian dari Oracle Academy sejak tahun 2015. Sebanyak 100 mahasiswa STIMATA hadir dalam seminar dan mengikuti semua sesi dengan penuh antusias.
Dinny Wahyu Widarti, penanggungjawab acara mengatakan seminar kegiatan OAVSD banyak diminati oleh mahasiswa. Terbukti peserta yang pada awalnya hanya dibatasi 50 orang saja, membludak menjadi dua kali lipat.
“Sebenarnya masih banyak lagi yang berminat, tapi kami tutup sampai seratus saja,” katanya.  
Minat besar mahasiswa terhadap seminar ini tak lepas dari kesadaran mereka akan pengetahuan yang bisa digali dari even tersebut. Para peserta OAVSD banyak mendapatkan ilmu pengetahuan tentang terutama yang berkaitan dengan materi Big Data, Cloud, dan Internet of Things.
“Selain itu mereka juga akan mendapat Certificate of Attendance yang tarafnya internasional sehingga akan sangat bermanfaat untuk karir mereka di masa yang akan datang,” tambah Dinny.
Sedangankan untuk iLearning Oracle yang dilaksanakan dalam kuliah Sistem Basis Data, mahasiswa akan mendapatkan setifikat Academy Award Course Certificate and Course Exam Certificate.
Ia juga mengungkapkan, STIMATA sangat beruntung memiliki jaringan dengan Oracle Academy. Selain dapat menerapkan kurikulum Oracle (database dan pemrograman), STIMATA juga memiliki kesempatan berpartisipasi dalam berbagai event seperti OAVSD kali ini.
“Ini sangat menguntungkan bagi kami, terutama mahasiswa. Mereka berkesempatan memperoleh pengetahuan tentang tren teknologi terkini langsung dari pakarnya," terang Dinny.
Kegiatan OAVSD berlangsung dari pukul 10.00 sampai 14.30 WIB dengan lima sesi. Pematerinya antara lain Duane Gorge, Margi Mellot, Michael Tran, Frank Van der Borden dan Perside Foster.
Wakil Ketua STMIK Pradnya Paramita Indah Dwi Mumpuni mengatakan, kerjasama dengan oracle bermula pada tahun 2015 lalu. Saat itu beberapa dosen STIMATA diikutsertakan dalam sebuah warkshop yang dilaksanakan oleh oracle academy.
“Hasilnya sangat memuaskan sehingga dari situ kami mulai menjalin komunikasi walaupun untuk sekadar share knowledge,” ujarnya.  
Ia menjelaskan, setiap jaringan yang dibangun oleh kampus dengan pihak luar tidak lain untuk memberikan layanan akademik yang terbaik bagi siswa. Termasuk jaringan dengan oracle yang secara kurikulum sangat sesuai dengan materi perkuliahan mahasiswa.
"Kami selalu berupaya memberi nilai lebih kepada mahasiswa untuk bekal setelah lulus nanti. Membekali mereka dengan bermacam sertifikat kompetensi internasional, seperti sertifikat dari Oracle Academy, sertifikat MTA dari Microsoft dan sertifikat dari Mikrotik," tuturnya. (imm/sir/oci)

Berita Lainnya :