Wisuda FIA UB, Staf Administrasi UK Petra Surabaya Terbaik


MALANG - Fakultas ilmu dan Administrasi Bisnis (FIA) UB meluluskan 75 mahasiswa dengan lebih dari sepertiganya lulus dengan predikat dengan pujian. Salah satu dari 27 orang tersebut yakni Pratjoyo Kushandoko, M.M mahasiswa Magister Managemen Pendidikan Tinggi yang lulus dengan IPK 3.92.
Bapak satu anak ini mendapatkan tugas belajar dari tempatnya bekerja sebagai staf di Biro Administrasi Akademik Universitas Kristen Petra Surabaya. Pilihannya jatuh ke Universitas Brawijaya mengingat hanya FIA UB saja yang sejauh ini memiliki jurusan magister managemen pendidikan tinggi di Jawa Timur.
"Selain itu saya melihat UB ada di peringkat - 8 perguruan tinggi non Politeknik berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, salah satu universitas terbaik di Indonesia. Pas sekali dengan Universitas Kristen Petra yang menjadi peringkat pertama untuk perguruan tinggi swasta," ujarnya.
Selama dua tahun menempuh pendidikan di FIA UB, dia mengaku tidak ada kendala akademik yang begitu berarti. Materi yang disampaikan dalam perkualiahan, sangat dekat dengan pekerjaannya sehari-hari sebagai staf adminsitrasi.
"Sudah terasa klik sekali dengan pekerjaan, jadi tidak terlalu susah. Tidak harus terlalu ngoyo juga karena kurikulumnya saat kuliah pas dengan yang dilakukan saat bekerja. Sehingga ilmu-ilmunya sangat bagus untuk membantu karier ke depan," kata Pracoyo.
Sebagai mahasiswa, dia juga melihat pembelajar di UB telah berlangsung dengan baik.
"Dalam hal kurikulum dan tenaga pengajarnya sudah sangat baik dan berkualitas. Kurikulumnya pas dengan apa yang saya harapkan dan akreditasinya sudah A," sambungnya.
Jadwal kuliah yang berlangsung di hari Sabtu dan Minggu, memang tidak mengganggu jam bekerjanya. Setiap Jumat malam, dia datang ke Malang dan baru kembali ke Surabaya pada Minggu sore. Karenanya, Pracoyo kerap mendapatkan protes dari sang putri karena hanya dapat bertemu malam hari di Senin hingga Jumat.
 Sebagai tugas akhir, Pracoyo mengangkat judul Kemitraan Perguruan Tinggi Swasta dengan Sekolah Menengah Atas (Studi tentang Perencanaan dan Pengorganisasian Kemitraan Universitas Petra Surabaya dengan Sekolah menengah Atas). Menurutnya, universitas harus memiliki perencanaan dan pengorganisasian yang baik dalam  menjalin kerja sama dengan SMA berkualitas. Tujuannya untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik sebagai input universitas.
Ke depan, Pracoyo berencana untuk mengaplikasikan ilmunya di Universitas Kristen Petra Surabaya yang telah memberikan support dalam banyak hal, baik dari beasiswa maupun berbagai kepentingan terkait dengan studi S2 di universitas Brawijaya.
"Saya ingin mengabdi dulu," tutupnya.
Sementara hari ini, dalam rangkaian Dies Natalis ke -57, FIA UB juga menggelar Pagelaran Wayang Kulit Gatotkaca Sungging denggan Ki dalang Arjuno Trio Sasminto, salah satu mahasiswa Prodi Pariwisata FIA UB. Pegalaran bertempat di depan gedung E FIA UB pada pukul 18.00 WIB. Besok, juga diadakan Jalan Sehat Civitas Akademika FIA-UB dengan berbagai acara hiburan .
Rangkaian acara Dies Natalis FIA UB masih berlangsung dengan Jambore Jazz, dan FIA Fun Day pada November nanti. (ras/adv/oci)

Berita Lainnya :