SMAN 1 Jadi Sekolah Model LPMP


MALANG - SMAN 1 Malang ditunjuk sebagai sekolah model oleh Lembaga Penjamin mutu Pendidikan (LPMP). Pasca ditunjuk sebagai sekolah model, SMAN 1 mempunyai tanggung jawab untuk beri manfaat program serta keberhasilannya kepada sekolah imbas.
Ada lima sekolah yang menjadi sekolah imbas SMAN 1 Malang. Yakni SMAN 6 Malang, SMA Islam, SMAK Cor Jesu, SMA Baiturrahman, dan SMA Taman Harapan. Kelima sekolah tersebut ditargetkan menjadi sekolah dengan standar pendidikan nasional (SNP).
Wakil Kepala SMAN 1 Malang Bidang Kurikulum (Waka Kurikulum), Dwari, M.Pd menargetkan, sekolah imbas SMAN 1 lebih dari sekadar SNP. “Bahkan harus mempunyai standar  SNP plus,” terang dia. Untuk bisa menjadi SNP plus, sambung dia, ada delapan poin standar  kompetensi lulusan standar. Yakni, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar sarana dan prasarana, standar  tenaga pendidikan, pengelolaan dan pembiayaan.
Untuk saat ini, yang dilakukan oleh internal SMAN 1 adalah melakukan identifikasi. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui potensi sekolah. Dengan mengetahui potensi sekolah, Dwari mengatakan, pihaknya akan lebih mudah melakukan pemetaan apa saja yang dibutuhkan oleh masing-masing sekolah.
Dwari mengatakan, untuk saat ini, program tersebut memang masih belum disosialisasikan. Selain itu masih dalam pembentukan pengurus. Namun, ia mengungkapkan, dalam  waktu dekat akan dilakukan kajian untuk sekolah internal.
“Tujuan kajian internal agar kami para pengurus bisa solid nantinya dalam menjalankan tanggungjawab. Juga bisa memenuhi target, yakni mampu memberikan yang terbaik kepada sekolah imbas. Sampai pada tataran adanya perkembangan yang maju disekolah itu,” terangnya.
Ia mencontohkan, salah satu program keunggulan yang nantinya akan disosialisasikan dan diimbaskan kepada sekolah imbas adalah program bahasa dan program Karya Ilmiah Remaja.
“Sistem pendidikan memang berbeda-beda. Ya salah satu dari beberapa program yang akan kami imbaskan adalah dua program unggulan tadi,” terangnya.  
Ia mengharapkan, ketika nanti berhasil mengimbaskan program unggulan, capaian sekolah imbas adalah mampu bersaing di kancah internasional.
Kerjasama internasional SMAN 1 memang masih Gutte Institjte Jerman, Jepang penempatan native Jepang, MOU dengan sekolah Thailand. Yang terbaru kali ini, SMAN 1 bekerjasama dengan Hira dan Ma'ahad Tahfiz Al Qur'an Selangor. (sin/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :