magista scarpe da calcio STMIK Pradnya Paramita Terakreditasi B, Siap Menjadi Kampus IT Terkemuka


STMIK Pradnya Paramita Terakreditasi B, Siap Menjadi Kampus IT Terkemuka


MALANG - Seluruh civitas STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) boleh berbangga. Pasalnya, pada pertengahan Bulan Agustus lalu, kampus di Jalan LA Sucipto ini memperoleh nilai Akredistasi B dari BAN PT. Jika selama ini yang terakreditasi B hanya program studinya saja, yaitu S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika, maka kini secara institusi STIMATA juga telah terakreditasi. Dengan demikian, STIMATA sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang menjadi semakin terpercaya oleh masyarakat.
Ungkapan sukur disampaikan oleh jajaran pimpinan kampus. Salah satunya oleh Wakil Ketua STMIK Pradnya Paramita, Indah Dwi Mumpuni, S. Kom, MM. Ia mengatakan hasil akreditasi ini merupakan buah dari jerih payah semua pihak yang terkait, utamanya para dosen dan karyawan. “Alhamdulillah kami bersukur. Kami puas dan cukup membanggakan sebagai kampus IT pertama di Malang Raya yang terakreditasi B,” ungkapnya.
Dengan nilai akreditasi B ini akan semakin memuluskan langkah STIMATA menjadi kampus IT unggulan di Jawa Timur. “Memang misi kami menjadi kampus terkenal utamanya di daerah Jawa Timur,” imbuhnya.
Proses akreditasi ini dimulai sejak Bulan Juli lalu. Ditandai dengan visitasi dari pihak BAN PT dengan melakukan peninjauan dan penilaian terhadap dokumen-dokumen sebagai  syarat akreditasi institusi. Proses penilaian terbilang cepat. Pada pertengahan Bulan Agustus lalu, STIMATA telah menerima Surat Keputusan dan Piagam Akreditasi. “Kalau persiapan untuk kepentingan akreditasi institusi ini sudah kami siapkan mulai tahun lalu,” tambahnya.
Adapun bahan pendukung yang dinilai dalam visitasi akreditasi ini, antara lain bidang akademik, sarana prasaran, laboratorium, perpustakaan, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. “Seluruh komponen yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi poin penilaian,” terangnya.
Menurut Indah, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari terakreditasinya institusi STIMATA. Diantaranya, pengajuan dana hibah yang lebih mudah dan bertambahnya kuota beasiswa. Dengan akreditasi B maka kuota kursi beasiswa Bidik Misi di STIMATA menjadi lebih banyak. “Sampai saat ini kami punya 41 mahasiswa Bidik Misi dari tahun 2013 lalu,” ujarnya.
Sementara bagi mahasiswa, mereka sudah tidak perlu cemas lagi untuk mendaftar CPNS maupun perusahaan BUMN saat mereka lulus. Sebab untuk mendaftar sebagai CPNS prodi maupun lembaga Perguruan Tinggi minimal terakreditasi B. “Untuk memudahkan para alumni, kami  sudah upload sertifikatnya di website kampus, sehingga mereka tidak perlu ke kampus tinggal download saja,” tutur Indah.
Ia menambahkan, nilai akreditasi tidak cukup hanya sebagai kebanggaan. Namun di balik itu, ada sebuah tanggungjawab yang lebih besar dalam menjalankan tugas akademik. terutama terkait layanan dan mutu perkuliahan di STIMATA. Untuk itu pihaknya tidak akan terlena dengan nilai akreditasi, melainkan akan terus berpacu untuk lebih baik lagi.  “Semoga kedepannya kami bisa menjaga kepercayaan BAN PT ini, termasuk kepercayaan masyarakat dengan menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi sebaik-baiknya. Sehingga di masa yang akan datang nilainya menjadi lebih baik,” tukasnya.
Sementara itu, Ketua STMIK Pradnya Paramita Dr. Tubagus M. Akhriza S. Si, MMSi. mengatakan akreditasi merupakan satu level dari proses evaluasi penjaminan mutu yang diselenggarakan oleh BAN PT. Dimana tidak lagi prodi yang dinilai tapi institusi kelembagaan. Menurutnya, akreditasi membuktikan bahwa STIMATA memiliki tangungjawab terhadap pelaksanaan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, pendidikan dan pengajaran di level institusi. “Sehingga masyarakat dapat menilai kualitas dan mutu dari lembaga ini,” katanya.
Dengan nilai akreditasi B, lanjut Riza, dampak yang diperoleh sangat baik dan positif. Apalagi STIMATA merupakan kampus IT pertama yang terakreditasi B di Malang Raya. Lainnya bahkan ada yang belum terakreditasi. “Dan ini menjadi kabar baik bagi warga Malang, bahwa kini telah ada kampus IT yang terakreditasi B yaitu STIMATA,” ucapnya.
Di sisi lain, dengan terkareditasi tentu menjadi warning dan catatan khusus bagi pihak STIMATA untuk meningkatkan mutu kampus. Oleh kerena itu, proses evaluasi eksternal terhadap prodi tetap diselenggrakan. Seperti mengajukan visitasi untuk memperpanjang nilai akreditasi Prodi TI. “Untuk membuktikan bahwa kami memang berkualitas, dan mudah-mudahan nilainya lebih baik,” imbuhnya.
Pria yang kini sedang proses menyelesaikan tugas desertasi di RRC ini, berharap kedepannya STIMATA semakin dewasa dan semakin eksis lagi kiprahnya di bidang Pendidikan Tinggi. Adapun program yang kini digalakkan adalah publikasi ilmiah hasil karya dosen maupun mahasiswa. “Kami bercita-cita menjadi kampus riset bereputasi dan terkemuka.  Akan kami tunjukkan di pentas pendidikan tinggi nasional dan internasional,” pungkasnya. (imm/sir/)

Berita Lainnya :