500 Mahasiswa Dilatih Ramah Wisatawan


MALANG - Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Melakukan  pelatihan dasar SDM Kepariwisataan. Pelatihan ini diberikan dalam rangka Pariwisata Goes to Campus di kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Malang (1/10). Pelatihan diikuti 500 mahasiswa IBU yang diharapkan bisa terlibat dalam perkembangan industri pariwisata.
“Saya mengharapkan, ketika ada turis domestic ataupun mancanegara yang berkunjung ke Malang, mahasiswa yang bertemu bisa turut memberikan pelayanan kepada mereka. Pelayanan yang diberikan salah satunya harus ramah dan memberikan senyuman yang ikhlas,” ujar Assisten Deputi bidang Pengembangan SDM kepariwisataan Dr Wisnu Baratawijaya SE, MM.
Dalam pelatihan, mahasiswa diberikan materi tentang 3S yang harus diterapkan dalam dunia pariwisata. S pertama adalah solid, Wisnu membeberkan arti solid berarti, mahasiswa harus bisa berkomitmen untuk menjaga image atau citra kepariwisataan. S kedua, adalah speed, Wisnu menerangkan, kecepatan perkambangan pariwisata ditiap daerah tergantung SDM yang dimiliki.
Wisnu mengungkapkan, dalam dunia pariwisata, membutuhkan kerja cerdas. Sebab, seperti yang telag ia ungkapkan, cerdas atau pintar menjadi kunci citra kesuksesan dunia pariwisata. “Bekerja tidak harus keras, tapi cerdas. Itulah yang menurut dia harus dimiliki oleh SDM di dunia pariwisata.
3S ini menurutnya adalah poin penting yang harus dimiliki oleh SDM Pariwisata khususnya mahasiswa. Sebab dengan menerapkan 3 rumusan ini, ia berharap indutri pariwisata bisa menjadi leading sektor di pemerintahan.
Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo, Dr Nurcholis Sunuyeko berharap, mahasisw IBU bisa berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah. Terlebih, Kota Malang sebagai kota pariwisata yang perlu mendapatkan dukungan dari SDM teritama mahasiswa. Menurutnya, peran mahasiswa sangat strategis.
“Mahasiswa sebagai agen perubahan saya harap bisa turut memberikan perubahan kepada industri pariwisata di Malang. Korelasi sangat cocok, antara Kota Pendidikan, dan Kota Pariwisata untuk Malang ini,” terangnya. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :