40 Kampus Pameran di SMAK Santa Maria


MALANG - Langsep Campus Exhibition (LCE) 2018 di SMAK Santa Maria ramai pengunjung. Rabu (12/9) kemarin, sebanyak 40 stan perguruan tinggi meramaikan kegiatan LCE 2018 yang digelar di aula SMAK Santa Maria. Setiap stan menyediakan informasi bagi para pengunjung pameran terkait kampus masing-masing.
Ketua Panitia, Langsep Campus Exhibition 2018 Nuning Widianasari, S.Pd  mengatakan, LCE merupakan agenda rutin yang digelar SMAK Santa Maria setiap tahun. Tujuan dari kegiatan ini untuk memfasilitasi siswa kelas XII yang membutuhkan informasi tentang perguruan tinggi. “Karena harapan kami semua lulusan SMAK Santa Maria dapat melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.
Beberapa stan kampus dengan program berbasis Culinary Arts, seperti The Sages Institute, diberikan stan di luar aula. Sebab mereka juga melakukan demo masak untuk menunjukkan keahlian mahasiswa dari kampus terkait.
Pengunjung yang rata-rata merupakan siswa kelas XII ini tampak antusias mendatangi setiap stan perguruan tinggi yang tersedia. Terlihat juga beberapa orang tua siswa mendapingi anak-anak mereka untuk menentukan kampus yang akan mereka pilih.
Adapun kampus yang meramaikan LCE 2018 berasal dari dalam dan luar Kota Malang. Beberapa diantaranya juga lembaga studi luar negeri. Dari Kota Malang seperti Ma Chung, STIE Malangkucecwara (ABM), Universitas Merdeka dan Universitas Katolik Widya Karya.
Kampus yang bergabung dalam LCE tahun ini, kebanyakan berasal dari luar Kota Malang. Antara lain Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Bunda Mulia, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Surabaya, dan lain sebagainya.
Dengan adanya LCE, maka upaya siswa dalam mencari info Perguruan Tinggi (PT) dapat lebih mudah, efektif dan efesien. Sebab biasanya, dibutuhkan berhari-hari untuk mendapatkan info dari beberapa PT. “Dengan ini kami bisa membantu anak-anak. Yang biasanya harus pergi kemana-mana, maka cukup kami yang mengundang pihak perguruan tinggi untuk memberi info pada siswa,” katanya.
Di setiap stan PT, siswa kelas XII dapat dengan leluasa mengakses informasi. Petugas dari PT terkait, melayani dengan memberikan keterangan yang jelas dan detail, sehingga siswa tidak merasa ragu. “Dengan bertemu dan bertanya langsung, anak-anak akan semakin yakin dalam menentukan pilihan. Apalagi didampingi orang tua, maka pilihan mereka akan semakin tepat,” terang Nuning.
Ia menambahkan, kehadiran orang tua dalam LCE memang sangat diharapkan. Sebab kata Nuning, siswa bisa saja menentukan kampus pilihannya sendiri. Namun juga perlu persetujuan orang tua agar antara anak dan orang tua saling memberi masukan dan saling mendukung.
“Orang tua juga perlu hadir dalam pameran ini. Untuk mengetahui program studi dari beberapa kampus yang ada. Terutama juga masalah biaya kuliah dan sebagainya,” tuturnya.  
Ia berharap LCE 2018 dapat memberikan akses informasi seluas-seluasnya bagi calon lulusan. Selain itu, hubungan kerjasama antara SMAK Santa Maria dan perguruan tinggi menjadi semakin baik. “Semoga para siswa bisa mendapatkan kampus yang sesuai dengan keinginan masing-masing,” harapnya. (mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :