magista scarpe da calcio Mengabdi, Harus Rela Terjun Daerah Terpencil


Mengabdi, Harus Rela Terjun Daerah Terpencil


BATU - Wajah-wajah gembira terlihat saat 592 mahasiswa Polteknik Kesehatan Malang (Polkesma) menjalani wisuda di Singhasari Resort Kota Batu, Rabu (4/10) . Wisuda dan sumpah profesi Ahli Madya dan Sarjana Terapan Kesehatan ini merupakan kedua kedua tahun ini.
Akhir September lalu, Polkesma juga mewisuda 600 mahasiswa. Meski baru diwisuda kemarin,mereka sudah terserap di puskesmas, rumah sakit umum hingga rumah sakit bersalin sejak enambulan sebelum di wisuda.
Mahasiswa jurusan rekam medis dan informasi kesehatan rata-rata sudah dipesan instalasi kesehatan jauh-jauh hari.  Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (PPSDM) Kesehatan, drg Usman Sumantri Msc meminta kerelaan para wisudawan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, khususnya daerah terpencil.
“Kesempatan bagi wisudawan terbuka lebar untuk mengikuti program Nusantara sehat Kemenkes RI,” himbau Usman.
Tren, wisudawan enggan ditempatkan pada daerah terpencil, mereka selalu berkutat di daerah perkotaan. Padahal keberadaan mereka sangat dibutuhkan di daerah terpencil itu. Program Nusantara Sehat ini memberikan kesempatan kepada wisudawan untuk mengabdi kepada negara dengan memberikan bantuan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan (DTPK).
Sementara Budi Susatia S.Kp. M. Kes, Direktur Polkesma mengucapkan selamat kepada wisudawan. Ia meminta kepada wisudawan untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dengan sungguh-sungguh dan selalu melaksanakan kode etik profesi.
“Kami memiliki cita-cita menjadi institusi pendidikan tinggi vokasi di bidang kesehatan yang berkarakter dan unggul, kita sudah mengembangkan banyak kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing global,” ujarnya.
Surachmindari SST M.Pd, Pembantu Direktur III Polkesma menjelaskan, 2017 ini Polkesmamelaksanakan dua kali wisuda sehingga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu karenapanitia mengundang dua orang tua mahasiswa secara langsung. Tempat sangat terbatas sehinggawisuda dilaksanakan dua kali. Polkesma masih terdapat 3560 mahasiswa keperawatan. 
“Ada empat jurusan, yakni, Keperawatan, Gizi, Kebidanan dan Rekam Medis. Dalam waktu dekat ini ada program studi baru, yakni Asuransi Kesehatan,’’ tambah dia.
Program studi Asuransi Kesehatan, ujian 7 Oktober nanti ini. Program ini membutuhkan 40 mahasiswa, dan sekarang tercatat 63 calon mahasiswa mendaftar seleksi. (dan/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang