magista scarpe da calcio Disdik Warning Tiga SMP Tak Berizin


Disdik Warning Tiga SMP Tak Berizin

 
MALANG – Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan peringatan kepada SMP swasta yang belum mempunyai izin operasional. Temuan Disdik, ada tiga sekolah swasta yang sudah beroperasional namun belum ada izinnya. Ketiganya, sudah berdiri sejak tiga tahun lalu, dan akan meluluskan siswanya tahun 2018.
Kasie evaluasi bidang SMP Disdik Kota Malang Budiono membeberkan, tiga sekolah tersebut saat ini sudah mengajukan proposal. Namun, pihaknya tidak akan langsung memberikan izin, dan akan melakukan visitasi serta validasi minggu depan. 
“Tiga sekolah tersebut sudah mengajukan izin operasional, dan ini akan diricek. Kami akan mevalidasi kesesuaian data yang diajukan dengan hasil visitasi,” ungkap dia.
Budiono mengatakan, visitasi nanti juga melibatkan dewan pendidikan untuk ikut serta. Setelah visitasi dan validasi dilakukan akan, akan ada dua keputusan apakah disetujui atau tidak disetujui tapi dengan catatan.
Validasi yang akan dilakukan, disesuaikan dengan pengajuan proposal yang meliputi delapan standar. Yakni data siswa, data pendidik, yayasan, serifikat tanah, kepemilikan tanah, fasilitas, sarana dan prasarana, pendanaan, dan ijin tetangga kanan kiri atau lingkungan sekitar.
“Kami tidak langsung mengelurkan izin operasionalnya. Delapan standar tersebut harus dikroscek lagi dengan betul-betul. Setelah itu, nantinya kami akan memberikan dua catatan itu,” tegasnya. 
Budiono mengatakan, ketika sekolah tersebut udah mendapatkan nomor izin operasional, data sekolah dan siswa bisa langsung terdaftar ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Data yang sudah terdaftar di Dapodik, lanjut dia, akan bermanfaat juga bagi siswa, mengingat mendekati Ujian Nasional (UN).
“Ketiga sekolah itu melakukan pengajuan di waktu yang tepat. Mereka mengajukan izin operasional disaat persiapan jelang Ujian Nasional (UN). Ya setelah kami lihat datanya dan mengimbau mereka langsung mengajukan,” tukasnya. 
Ia mengatakan, izin operasional harus benar-benar diperhatikan oleh para pendiri lembaga. Sebab ini menyangkut legalitas dan keamanan siswa yang terdaftar dalam dapodik. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang