magista scarpe da calcio Siap Jadi Abdi Negara yang Profesional


Siap Jadi Abdi Negara yang Profesional


MALANG - Hari ini, Selasa (10/10), Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BDK) Malang mengukuhkan 276 wisudawan sebagai lulusan D1 Politeknik STAN tahun akademik 2016-2017. Sebanyak 250 mahasiswa dari Prodi Diploma 1 Pajak dan 26 dari Prodi Diploma 1 Kepabeanan dan Cukai.
Sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang siap mengabdikan diri untuk negara, para lulusan BDK Malang telah diberikan banyak bekal. Terutama bekal ilmu pengetahuan untuk menunjang kompetensi serta bekal karakter untuk kepribadian mereka. Meskipun hanya kuliah satu tahun, mereka diharapkan mampu menjadi abdi negara yang baik dan profesional. Termasuk dalam bidang karakter, lulusan BDK Malang dipercaya memiliki integritas yang tinggi.
Kepala BDK Malang, Parwanta SE M.Si, mengatakan tujuan tersebut bukan sekadar angan belaka. Namun kompetensi dan integritas lulusan telah ditempa sebaik mungkin selama masa studi. Kedisiplinan, kejujuran dan tanggungjawab menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar di BDK Malang. "Dalam hal kejujuran kami tidak main-main. Kalau ada mahasiswa yang ketahuan nyontek saat ujian, maka pilihannya cuma satu, DO (drop out)," ucapnya.
"Demikian juga kalau ada mahasiswa yang bertengkar atau berkelahi di lingkungan kampus, keduanya akan kami keluarkan. Karena ini menyangkut moral dan tanggungjawab," tambah Parwanta.
Pria asal Jawa Tengah ini menuturkan dalam mencetak lulusan calon PNS pihaknya tidak main-main. Apalagi berkaitan dengan integritas. Maka lulusan BDK Malang harus menjadi ASN yang profesional, unggul dan terpercaya.
"Kami ingin mengubah persepsi masyarakat, yang selama ini menilai PNS itu miring dan banyak negatifnya. Sebab kami menekankan pada mahasiswa, untuk baik menjadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik," tutur Parwanta.
ASN di lingkungan Kementerian Keuangan dinilai masyarakat merupakan posisi yang strategis. Kendati demikian, Ia mengatakan, lulusan BDK Malang akan menunjukkan kinerja yang bersih dan bertanggungjawab. "Selama ini kami bekerja profesional. Dan lulusan kami telah membuktikan bahwa mereka mampu menjalankan tugas amanah Negara dengan baik," imbuhnya.
Menurut Parwanta peran dan fungsi ASN ada tiga. Yaitu membuat dan melaksanakan kebijakan, sebagai abdi masyarakat dan pemersatu bangsa. Fungsi tersebut harus dipegang teguh oleh para lulusan alumni BDK Malang.  “Saat ini, peran mereka telah ditunggu negara. Jika selama ini negara telah menanggung biaya studi mereka, maka saat ini tiba waktunya para lulusan untuk mengabdikan diri pada negara,” katanya.
Di bidang kompetensi, selama setahun mahasiswa telah digembleng dengan materi akademik. Dibimbing oleh dosen-dosen profesional di bidang vokasi dan teori. Dalam hal ini BDK Malang bekerjasama dengan dosen dari Direktorat Teknis, baik dari Kanwil Pajak ataupun Bea Cukai. "Sebanyak 70 persen materi perkuliahan diisi dengan praktek, sisanya adalah teori. Karena mahasiswa kami memang sengaja dipersiapkan untuk bisa langsung kerja," terangnya.
Selain itu, lanjut Parwanta, para mahasiswa juga diberi kesempatan selama tiga minggu untuk praktek langsung di lapangan. Baik itu di intsansi pemerintah bidang perpajakan ataupun beacukai. "Selama PKL mahasiswa menggali pengetahuan dan pengalaman, serta belajar menyesuaikan diri sebelum nantinya mereka benar-benar telah bekerja di bidang masing-masing," jelasnya.
Sementara di bidang karakter, mahasiswa juga dibekali pengetahuan tentang etika kepegawaian. Antara lain materi etika profesi PNS dan pengembangan kepribadian. Dalam teknis pelaksanaan proses akademik, Parwanta menerangkan, perlu upaya peningkatan intelegensi. Namun yang paling utama adalah attitude yang dikembangkan dengan proses yang tidak singkat.  “Selagi lulusan mengamalkan serta memegang teguh nilai-nilai etik tersebut, mereka tidak akan menyimpang atau melakukan pelanggaran hukum,” terangnya.
Kepada para lulusan Ia berpesan agar tidak cepat puas. Hendaknya mereka selalu belajar untuk menjadi pribadi yang baik dan profesional. “Tunjukkan bahwa Anda alumni BDK Malang, lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN. Buktikan bahwa Anda yang terbaik,” tegasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :