Ratusan Peserta dari 23 SMP se-Jawa Timur Siap Berkompetisi


 
MALANG - Langsep Challenge 2017 SMAK Santa Maria telah dimulai. Senin (9/10) kemarin, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMAK Santa Maria, Sr. M. Theresella Karti, SPM. Acara pembukaan diikuti guru, siswa SMAK Santa Maria, jajaran panitia dan perwakilan peserta.
Ratusan peserta dari 23 SMP se-Jawa Timur siap berkompetisi dalam ajang bergengsi yang digelar setiap tahun ini. Beberapa perlombaan yang digelar dalam LC tahun ini antara lain Turnamen Basket, Mading 3D, Band, Dance, English Debate Competition, Langsep Science Competition and Product Innovation dan  Langsep Social Adventure.
Pada acara pembukaan Sr. Theresella mengatakan, Langsep Challenge digelar sebagai bentuk konsistensi dari SMAK Santa Maria yang setiap tahunnya memberikan wadah pengembangan bakat, utamanya bagi siswa SMP. Maka tahun ini, sekolah di Jalan Raya Langsep ini kembali memfasilitasi siswa SMP untuk unjuk kemampuan dalam sebuah kompetisi. 
"Tidak hanya kompetisi di bidang akademik, tapi juga olahraga seperti basket yang menjadi favorit siswa selama ini," ucapnya. 
Pembukaan LC ditandai dengan bunyi alarm oleh Sr. Theresella selaku Kepala SMAK Santa Maria dan pelepasan balon oleh Dra. Tri Wahyuni selaku Ketua Pelaksana LC 2017. Acara simbolis dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dan diiringi tepuk tangan seluruh peserta.
Usai acara pembukaan, agenda langsung dilanjutkan dengan pertandingan basket. Laga pertama dimulai dengan tim putri, yang mempertemukan Tim SMPN 2 Bantur dan SMPN 6 Malang. Dalam laga perdana ini, pertandingan berlangsung seru meskipun berjalan tidak imbang. 
Ketangguhan SMPN 2 Bantur tidak mampu diimbangi oleh SMPN 6 Malang. Akhirnya, serangan demi serangan pun tak terbendung. Tiga quarter pertama tim SMPN 6 Malang belum memperoleh poin. Quarter pertama (10-0), quarter kedua (23-0) dan quarter ketiga (30-0) untuk keunggulan SMPN 2 Bantur. Tim SMPN 6 Malang beru memperoleh 3 poin pada quater keempat. Namun tim lawan juga berhasil menambah poin. Pertandingan berakhir dengan skor nilai (36-3) untuk kemenangan tim SMPN 2 Bantur.
Kendati demikian, Ketua Pelaksana LC 2017 Dra. Tri Wahyuni mengapresiasi penampilan tim SMPN 6 Malang yang sejak awal tidak pantang menyerah. “Mereka (SMPN 6) ini tim baru di LC. Sebelumnya belum pernah ikut. Tapi kami salut mereka cukup bersemangat,” ujarnya. 
Selain kedua tim tersebut, di hari pertama Turnamen Basket LC 2017 kemarin juga dilaksanakan empat pertandingan lain. Yaitu SMPK Cor Jesu (Pa) vs SMPN 6 Malang (Pa), SMPN 1 Malang (Pi) vs SMPK Cor Jesu (Pi), SMPN 8 Malang (Pa) vs SMPK Frateran (Pa) dan SMP Maria Fatimah Jember (Pa) vs SMPN 2 Bantur (Pa). 
Di hari pertama turnamen basket, Tri Wahyuni menilai ada beberapa tim yang bisa menjadi kuda hitam dalam LC tahun ini. Diantaranya mereka yang dari sekolah pinggiran.
“Ini di luar perkiraan kami. Malah sekolah yang dari pinggiran seperti SMP Bantur bisa menang telak dalam laga perdana mereka. Dan ini harus menjadi perhatian bagi sekolah-sekolah kota untuk tidak meremehkan lawan,” ucapnya. 
Tri berharap melalui kegiatan LC, SMAK Santa Maria menjadi wadah untuk pengembangan potensi siswa-siswi SMP utamanya di wilayah Jawa Timur.
“Untuk itu selamat bertanding, junjung selalu nilai sportifitas dan semoga sukses,” tukasnya. (imm/sir/oci)    

Berita Lainnya :